Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Soal Jabatan Presiden

Sikap Jokowi Tetap Sama

Jumat, 1 April 2022 06:45 WIB
Presiden Jokowi pada Silatnas APDESI 2022, di Jakarta, Selasa (29/03/2022). (Foto: BPMI Setpres/Lukas).
Presiden Jokowi pada Silatnas APDESI 2022, di Jakarta, Selasa (29/03/2022). (Foto: BPMI Setpres/Lukas).

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi memang susah dirayu untuk memperpanjang kekuasaanya menjadi 3 periode. Padahal, dukungan kepada Jokowi untuk menjabat presiden 3 periode begitu ramai disuarakan. Namun, berkali-kali juga Jokowi menolaknya. Sikap Jokowi masih tetap sama, akan taat pada konstitusi yang menyatakan jabatan presiden cukup 2 periode.

Setelah nyaris kandas di parlemen karena minimnya dukungan dari partai politik, tak membuat isu penundaan Pemilu 2024, maupun jabatan presiden 3 periode, tamat. Di luar parlemen, isu tersebut malah makin kencang. Bahkan, ada dukungan yang disampaikan dihadapan Jokowi.

Salah satunya yang terang-terangan mendukung jabatan presiden 3 periode datang dari Asosiasi Pemerintahan Desa Seluruh Indonesia (Apdesi). Dukungan itu disampaikan di sela-sela acara silaturahmi Apdesi di Istora Senayan, Jakarta, Selasa (29/3). Padahal, di acara tersebut, Jokowi hadir untuk memberikan pengarahan pada kepala desa di seluruh Indonesia.

Baca juga : Gandeng TNI, Seknas Jokowi Genjot Vaksinasi Booster Untuk Rakyat

Sehari kemudian, teriakan serupa terdengar saat Jokowi blusukan ke sejumlah pasar di Jawa Tengah. Beberapa warga berteriak meminta Jokowi melanjutkan kepemimpinan hingga tiga periode.

Kemarin, giliran ulama Banten yang diklaim meminta Jokowi untuk melanjutkan kepemimpinannya. Dukungan ulama di Banten itu diungkapkan eks Bupati Lebak, Mulyadi Jayabaya saat bertemu dengan Menko Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan.

Menurut Mulyadi, para kiai dan ulama di Banten ingin Jokowi memperpanjang jabatannya. Mereka juga ingin agar pesan ini disampaikan langsung ke sang presiden. Alasannya, karena para kiai dan ulama di Banten yang ingin Jokowi memulihkan ekomomi yang babak belur dihajar Corona.

Baca juga : Jokowi: Konstitusi Kita Sudah Jelas, Kita Harus Patuh

“Pesan para kiai, ulama ini tolong sampaikan kepada pak Jokowi, minta disampaikan kepada Jokowi mau diperpanjang tiga tahun saja pak untuk selesaikan ekonomi,” kata Mulyadi, kemarin.

Apa tanggapan Jokowi? Merespons dukungan itu, Jokowi tetap pada pendirian awal. Yakni, akan taat pada konstitusi. Kalaupun saat ini mulai rame bermunculan pendukung jabatan presiden diperpanjang, Jokowi anggap itu hal biasa.

“Yang namanya keinginan masyarakat, yang namanya teriakan-teriakan seperti itu kan sudah sering saya dengar. Tetapi yang jelas, konstitusi kita sudah jelas. Kita harus taat, harus patuh terhadap konstitusi,” kata Jokowi, melalui keterangan tertulis Sekretariat Presiden, Rabu (30/3).
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.