Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Dinilai Sukses, Tangerang Jadi Tuan Rumah City Sanitation Summit

Selasa, 5 April 2022 11:53 WIB
Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar meresmikan SANITREN atau sanitasi pondok pesantren di Ponpes Asmaul Husna Desa Tapos Kecamatan Tigaraksa. (Foto: Humas Pemkab Tangerang)
Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar meresmikan SANITREN atau sanitasi pondok pesantren di Ponpes Asmaul Husna Desa Tapos Kecamatan Tigaraksa. (Foto: Humas Pemkab Tangerang)

RM.id  Rakyat Merdeka - Dinilai sukses dalam menjalankan berbagai program sanitasi, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang mendapat kehormatan menjadi tuan rumah event nasional City Sanitation Summit (CSS) ke-20 pada tahun 2022. 

Kegiatan yang merupakan agenda tahunan Aliansi Kabupaten Kota Peduli Sanitasi (AKKOPSI) ini rencananya akan dilaksanakan pada akhir Agustus atau awal September 2022.

Program CSS ini merupakan kegiatan yang penting dalam pengembangan sanitasi di daerah. Setidaknya ada 4 pilar yang berkaitan dengan program sanitasi ini. 

Baca juga : Della Dartyan, Sibuk Traveling Bikin Lupa Sama Mantan

Mulai dari perubahan perilaku yang tidak hanya perilaku individual akan tetapi juga perilaku kelembagaan yang bersinergi dengan komitmen kepala daerah, kemudian perencanaan komprehensif dan implementasi terintegrasi serta koordinasi yang efektif dengan POKJA. Terakhir, memperkuat peran AKKOPSI sebagai mitra pemerintah dalam pembangunan sanitasi berkelanjutan.

Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar menyatakan, Pemkab Tangerang bersama organisasi perangkat daerah (OPD) di bawah komando Bappeda siap menjadi tuan rumah yang baik penyelenggaraan City Sanitation Summit (RSS) ke-20 tahun 2022. Berbagai persiapan dan pembenahan terkait penyelenggaraan CSS XX Tahun 2022 terus dilakukan. 

Di sisi lain, untuk ajang tahunan CSS ke-20 ini akan ada penambahan agenda yang sebelumnya di tahun 2020 tidak ada. Tujuannya agar bisa memperkaya berbagai program dan juga kegiatan di CSS XX. City Sanitation Summit merupakan ajang pertemuan untuk bertukar pengalaman, pengetahuan terhadap kegiatan sanitasi. 

Baca juga : Jalan Usaha Tani Perluas Jangkauan Pasar Petani Di Kabupaten Bima

Selanjutnya membangun kemitraan dan mendorong upaya advokasi, promosi serta kampanye untuk pembangunan sanitasi di Indonesia agar Indonesia maju tahun 2045. 

Bersama OPD lainnya, pada ajang CSS tersebut, Bupati Zaki menegaskan akan memaparkan berbagai inovasi dalam kegiatan sanitasi yang sudah dilaksanakan di lingkungan Kabupaten Tangerang. Kegiatan tersebut antara lain Sanitasi Berbasis Sekolah, Sanitasi berbasis Pondok Pesantren (Sanitren), dan Kurangi Sampah Sekolah Kita (Kurasaki). 

“Berbagai program tersebut merupakan investasi masa depan. Program sanitasi ini bukan saja terkait masalah infrastruktur tapi juga mengubah mindset dan pola hidup anak didik sebagai agent of change,” ujar Bupati Zaki dalam keterangan resminya, Selasa (5/4).

Baca juga : Bantu Sanitasi Pesantren, Pemkab Tangerang Sudah Bangun 346 Sanitren

Terkait program sanitasi, salah satu yang menjadi program unggulan Bupati dan Wakil Bupati Tangerang adalah Sanitren yang fokus untuk menuntaskan persoalan sanitasi pada pondok pesantren di wilayah Kabupaten Tangerang.

“Dari sekitar 800 pondok pesantren di wilayah Kabupaten Tangerang, pemerintah daerah baru bisa memberikan bantuan program Sanitren kepada total 346 pondok pesantren hingga akhir tahun 2021. Setidaknya sebelum tahun 2023, akan terbangun Sanitren di 600 pondok pesantren (ponpes) di wilayah Kabupaten Tangerang,” kata Bupati Zaki.  

Program Sanitren ini memang difokuskan pada pembangunan sarana sanitasi berupa layanan air bersih untuk mandi, cuci dan WC di lingkungan pesantren. Harapannya agar setiap pimpinan pondok pesantren di Kabupaten Tangerang juga mengedepankan dan memperhatikan pembangunan sanitasi di setiap pondok pesantrennya agar lebih bersih, sehat, rapi dan nyaman. [DIT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.