Dark/Light Mode

Tinjau Produksi Vaksin Zifivax, Kepala BPOM Puji Komitmen Capai Kemandirian Farmasi

Sabtu, 9 April 2022 04:42 WIB
Kepala BPOM Penny K Lukito (tengah) saat berkunjung ke fasilitas produksi vaksin Zifivax di PT Biotis Pharmaceuticals Indonesia, Gunung Sindur, Bogor, Jawa Barat, Jumat (8/4). (Foto: JBio)
Kepala BPOM Penny K Lukito (tengah) saat berkunjung ke fasilitas produksi vaksin Zifivax di PT Biotis Pharmaceuticals Indonesia, Gunung Sindur, Bogor, Jawa Barat, Jumat (8/4). (Foto: JBio)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kepala Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Penny K Lukito meninjau fasilitas produksi vaksin Zifivax di PT Biotis Pharmaceuticals Indonesia, Gunung Sindur, Bogor, Jawa Barat, Jumat (8/4). Kunjungan dilakukan dalam rangka meninjau perkembangan produksi vaksin Covid-19 di dalam negeri.

Vaksin Zifivax merupakan vaksin Covid-19 yang didaftarkan PT Jakarta Biopharmaceutical Industry (JBio) dan telah mendapatkan mendapatkan Izin Penggunaan Darurat/Emergency Use Authorization (EUA) dari BPOM untuk digunakan sebagai vaksin dosis primer maupun booster. JBio bekerja sama dengan PT Biotis Pharmaceuticals Indonesia untuk melakukan Toll Manufacturing guna menghadirkan vaksin Covid-19 produksi dalam negeri yang efektif, aman, dan halal bagi rakyat Indonesia.

“Saya selalu mengatakan bahwa di balik musibah pandemi ini pasti ada hal positif. Saya mengikuti dari awal, dari tidak ada vaksin menjadi ada, dan ini merupakan suatu kebanggaan,” kata Penny K Lukito.

Baca juga : Mentan Tinjau Produksi Tahu Di Jakarta, Pastikan Ketersediaan Kedelai Aman

Menurutnya, pandemi Covid-19 mempercepat pelaksanaan Inpres Nomor 6 Tahun 2016 tentang Percepatan Pengembangan Industri Farmasi dan Alat Kesehatan. “Perkembangannya cepat dan besar sekali, khususnya terkait vaksin Covid-19,” ungkapnya.

Direktur Utama PT Jakarta Biopharmaceutical Industry (JBio) Mahendra Suhardono menyambut baik kunjungan Kepala BPOM untuk meninjau proses produksi dalam negeri vaksin Zifivax. Terlebih, vaksin Zifivax sudah diuji klinis di Indonesia dan halal, sehingga penggunaannya akan sangat sesuai dengan karakteristik masyarakat Indonesia.

“Kami sangat berkomitmen dalam kemandirian nasional terutama di bidang farmasi. Kami sedang membangun pabrik vaksin Covid, dan akan ada vaksin lainnya juga. Apa yang dibutuhkan Indonesia dan regional, akan kami produksi di Indonesia,” ungkap Mahendra Suhardono.

Baca juga : Tembakau Berkontribusi Besar Bagi Kemandirian Perempuan

Vaksin Zifivax telah mendapatkan EUA dari BPOM serta dinyatakan halal dan suci melalui fatwa MUI pada Oktober 2021. Pada Januari 2022, BPOM menyatakan Zifivax aman dan efektif digunakan sebagai booster.

“Vaksin Zifivax sudah bisa diproduksi di dalam negeri. Ada transfer teknologi dan ilmu pengetahuan dalam proses produksinya, ada semangat kemanusiaan untuk mempercepat penanganan Covid-19 di Indonesia,” ujar Mahendra.

Penggunaan vaksin Zifivax sebagai booster dinilai mampu meningkatkan Neutralizing Antibody jauh lebih tinggi dibandingkan subjek yang divaksinasi dengan Vaksin Inactivated sebagai booster. Hal ini berdasarkan hasil penelitian independen di National Center For Infectious Diseases, Beijing Ditan Hospital, Capital Medical University Beijing.

Baca juga : Dukung Perbaikan Gizi, Bulog Berkomitmen Support Kegiatan PWI

“Produksi dalam negeri vaksin Zifivax ini merupakan upaya yang penting untuk mempercepat kemandirian nasional dalam bidang farmasi dan vaksin Zifivax ini juga merupakan vaksin rekombinan pertama yang diproduksi di dalam negeri,” ungkapnya. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.