Dark/Light Mode

Tinjau Desa Wisata Kertarahayu, Dirjen Bina Pemdes Kemendagri Usulkan 3 Hal Ini

Senin, 24 Januari 2022 11:24 WIB
Direktur Jenderal Bina Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Yusharto Huntoyungo, didampingi Direktur Kelembagaan dan Kerja Sama Desa Chaerul Dwi Sapta melaksanakan kunjungan kerja di Desa Kertarahayu, Kecamatan Setu, Kabupaten Bekasi, Sabtu (22/1). (Foto: Humas Kemendagri)
Direktur Jenderal Bina Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Yusharto Huntoyungo, didampingi Direktur Kelembagaan dan Kerja Sama Desa Chaerul Dwi Sapta melaksanakan kunjungan kerja di Desa Kertarahayu, Kecamatan Setu, Kabupaten Bekasi, Sabtu (22/1). (Foto: Humas Kemendagri)

RM.id  Rakyat Merdeka - Direktur Jenderal Bina Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri (Dirjen Bina Pemdes Kemendagri) Yusharto Huntoyungo, didampingi Direktur Kelembagaan dan Kerja Sama Desa Chaerul Dwi Sapta melaksanakan kunjungan kerja di Desa Kertarahayu, Kecamatan Setu, Kabupaten Bekasi, Sabtu (22/1).

Kunjungan kerja ini dilaksanakan dalam rangka peninjauan langsung terkait pengembangan Desa Wisata yang dilaksanakan di Desa tersebut.

Baca juga : Gelar Audiensi, Ditjen Bina Pemdes Kemendagri Dan BKKBN Sinergikan Program Percepatan Penurunan Stunting

Yusharto meninjau secara langsung pengembangan pelaksanaan Desa Wisata Kertarahayu. Desa wisata yang mulai dikembangkan pada tahun 2021 ini, diapresiasi Yusharto lantaran mampu menerapkan praktik pengembangan pariwisata berbasis masyarakat.

Konsepnya, ekowisata yang memanfaatkan potensi kelestarian dan keasrian kondisi lingkungan Desa Kertarahayu sebagai daya tarik wisata bagi para pengunjung.

Baca juga : Perkuat BPD, Dirjen Bina Pemdes Kemendagri Jempolin Kerja Abpednas

"Mudah-mudahan ke depannya, dapat ditingkatkan atraksi-atraksi wisata dan munculnya produk UMKM masyarakat setempat yang dapat menjadi komoditas ekonomi pada Desa Wisata ini," kata Yusharto, dalam siaran pers, Senin (24/1).

Selain itu, Yusharto menyarankan agar pengembangan homestay yang dapat memberikan layanan penginapan bagi wisatawan yang berkunjung di Desa Wisata ini.

Baca juga : Pantau Minyak Goreng Satu Harga, Kemendag Buka Hotline

Perlu diinformasikan bahwa Desa Kertarahayu, pada tahun 2021 ini kembali meraih juara 1 tingkat Provinsi Jawa Barat pada Program Peningkatan Peranan Wanita Menuju Keluarga Sehat Sejahtera (P2WKSS).

Prestasi ini perlu dijaga dan dipertahankan melalui penguatan peran kader PKK dan Posyandu serta kader-kader lainnya. Naik dalam konteks pengembangan desa wisata dan kegiatan lain yang mendukung perekonomian masyarakat, maupun upaya untuk melakukan percepatan penurunan stunting sebagai salah satu program prioritas nasional.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.