Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Tembakau Berkontribusi Besar Bagi Kemandirian Perempuan

Senin, 21 Februari 2022 15:40 WIB
Foto: Ist.
Foto: Ist.

RM.id  Rakyat Merdeka - Kontribusi tembakau tak sekadar berdampak pada penerimaan negara dari cukai hasil tembakau, tapi juga, terhadap pemberdayaan masyarakat.

Ketua Asosiasi Petani Tembakau (APTI) Soeseno mengatakan, tembakau merupakan komoditas pertanian yang perannya berhasil memberdayakan masyarakat.

Baca juga : Firli Membantah, Febri Tak Percaya

"Bahkan tembakau menjadi kontributor utama pembangunan daerah, contohnya Medan lewat Tembakau Deli dan Jember melalui Tembakau Besuki Na Oogst,” katanya dalam diskusi "Tobacco is Our Legacy", di Jakarta, Senin (21/2).

Soeseno menilai, dari generasi ke generasi, tembakau telah menjadi sumber pendapatan utama yang meningkatkan kesejahteraan dan kemandirian masyarakat di Jember, bahkan berkontribusi pada kinerja ekspor nasional.

Baca juga : Berkolaborasi Dengan Tulus, Cadbury Luncurkan Kemasan Ungkapkan Hati

Menurutnya, tembakau merupakan komoditas unggulan dan Indonesia merupakan salah satu produsen yang terkenal di dunia. Tembakau kualitas terbaik Jember, seperti tembakau kasturi, diekspor ke Jepang dan Eropa sebagai bahan baku utama cigar.

"Tembakau menjadi satu-satunya harapan penopang ekonomi masyarakat Jember. Tembakau pun berhasil mengangkat derajat para perempuan menjadi sosok yang mandiri," imbuhnya.

Baca juga : Cegah Narkoba, Menteri Bintang Bangun Desa Ramah Perempuan Dan Anak

Selain itu, kata Soeseno, industri hasil tembakau banyak mempekerjakan pekerja perempuan sebagai pelinting rokok sigaret kretek tangan (SKT).

Hal ini merupakan salah satu contoh nyata peran tembakau dalam mendorong kemandirian perempuan. Pekerja perempuan dengan latar belakang pendidikan dan perekonomian yang terbatas menjadi berdaya dengan hadirnya industri SKT.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.