Dark/Light Mode

Cak Nun Manggung Di Markas PDIP

Puan Ketawa Hasto Ketawa

Selasa, 12 April 2022 06:40 WIB
Ketua DPP PDIP Puan Maharani dan Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto sampai tertawa riang saat mendengar celotehan Cak Nun. (Tangkapan layar YouTube PDI Perjuangan).
Ketua DPP PDIP Puan Maharani dan Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto sampai tertawa riang saat mendengar celotehan Cak Nun. (Tangkapan layar YouTube PDI Perjuangan).

 Sebelumnya 
Lagu Bali hingga Papua dan daerah lainnya juga didendangkan. Tak luput lagu sarat makna kemanusiaan Heal the World yang dipopulerkan Michael Jackson, juga didendangkan. Acara tampak meriah kala warga dan kader Banteng bersama-sama ikut bernyanyi lagu daerah. Cak Nun juga mengajak jemaah yang hadir ikut bersenandung lagu-lagu religi sebelum lagu nasional dinyanyikan.

Djarot Saiful Hidayat menyatakan, ada pihak-pihak yang awalnya meragukan partainya bisa mengundang Cak Nun. Namun, hal itu terbantahkan. Cak Nun bersedia masuk kandang Banteng untuk mengisi acara Ramadan.

Baca juga : Klok Rela Pangkas Liburan Demi Tugas Negara

"Beliau (Cak Nun) menjawab ini bukan persoalan pribadi-pribadi dan dia pasti datang, tapi ini satu gerakan yang revolusioner bahwa membangun sinau bareng tentang semangat kebangsaan dan kenegarawanan itu menjadi satu nilai yang sangat penting. Apalagi di dalam mengisi kegiatan di bulan suci Ramadan ini," kata Djarot.

Rupanya, Cak Nun sudah diundang PDIP sejak tiga tahun lalu. Namun, baru kali ini Cak Nun bersedia datang. “Tiga tahun,” ucap Hasto.

Baca juga : Sinau Bareng Cak Nun Berlangsung Meriah, Puan Ikut Nyanyi Lagu Nasional Dan Daerah

Menurut Hasto, Cak Nun merupakan intelek Muslim yang kajiannya selalu ditunggu masyarakat. Cak Nun sering menyelipkan kajiannya bukan cuma tentang keagamaan, tapi juga tentang kebangsaan. "Seluruh dialog dalam suasana Ramadan ini, tentu saja juga akan mengangkat bagaimana syiar agama Islam meneladani dari para Wali Songo misalnya," ungkap Hasto.

Hasto melanjutkan, berbagai hal yang membangun semangat kerukunan dan kehidupan beragama mampu mendorong setiap insan untuk berdarma bakti dan berbuat kebaikan bagi seluruh rakyat Indonesia, bagi bangsa, dan negara. "Semua itu yang akan kita terus lakukan," lanjutnya.

Baca juga : Cak Nun dan Kiai Kanjeng Ramaikan Bukber PDI-Perjuangan

Direktur Eksekutif Indonesia Political Opinion (IPO), Dedi Kurniasyah menyebut, PDIP patut bersyukur dengan kehadiran Cak Nun. Sebab, kehadiran Cak Nun akan sangat menguntungkan bagi PDIP.

"Cak Nun adalah tokoh yang memiliki massa, meskipun dominasi massanya ada di wilayah yang memang sudah dikuasai PDIP, Jawa Tengah, tetapi sekurang-kurangnya Cak Nun akan semakin menguatkan PDIP di Jawa Tengah, juga Jawa Timur. Sehingga, membangun relasi dengan Cak Nun, sama halnya dengan menguatkan relasi konstituen," papar Dedi. [UMM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.