Dewan Pers

Dark/Light Mode

Berkerumun Dan Selfi Buka Masker

Duh, Ribuan Jemaah Umrah Kena Corona

Minggu, 6 Maret 2022 08:07 WIB
Ketua Satgas Penanganan Covid-19, Suharyanto. (Foto: Dok. BNPB)
Ketua Satgas Penanganan Covid-19, Suharyanto. (Foto: Dok. BNPB)

RM.id  Rakyat Merdeka - Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 meminta masyarakat yang berangkat umrah lebih waspada terhadap penularan Corona. Tak sedikit jemaah yang membawa pulang virus itu saat kembali  ke tanah air.

Ketua Satgas Penanganan Covid-19, Suharyanto menjelaskan, yang menjadi perhatiannya saat ini tidak hanya transmisi atau penularan di dalam negeri. Tapi juga, menekan penularan dari luar negeri.

Berita Terkait : Bappebti Intip Masa Depan Cerah Token Crypto Lokal

Hal tersebut juga dibahas oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sebagai Koordinator Penanganan Covid-19 saat rapat koordinasi nasional pekan lalu.

“Itu juga menjadi pokok perhatian saat di dalam Rakornas. Karena keberangkatan umroh ini tinggi,” ujar Suharyanto, di Jakarta, kemarin.

Berita Terkait : Berkolaborasi Dengan Tulus, Cadbury Luncurkan Kemasan Ungkapkan Hati

Dia menyebut, berdasarkan data, pada pekan lalu, jemaah yang terinfeksi Covid-19 jumlahnya hampir separuh dari seluruh jamaah yang tiba di Tanah Air. Dari 13.941 jemaah, sebanyak 6.518 orang positif Covid-19, atau sekitar 46,75 persen. Bersyukur, tiga hari terakhir ini, ada penurunan sebesar 33 persen.

Suharyanto mengatakan, para penyelenggara haji mengungkapkan, pada saat datang ke Arab Saudi, seluruh jemaah negatif virus Corona. “Tetapi begitu pulang mereka positif Covid-19,” imbuhnya.

Berita Terkait : Verifikasi Faktual Potensial Sumbang Penularan Corona

Suharyanto pun meminta masyarakat yang berangkat ke Arab Saudi untuk tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes). Kedisiplinan dalam menerapkan prokes sangat penting untuk meminimalisir penularan Covid-19.

“Ternyata penyebab mereka positif Covid-19 karena banyak protokol kesehatan yang dilanggar ketika beraktivitas,” ungkap­nya.
 Selanjutnya