Dark/Light Mode

Berkerumun Dan Selfi Buka Masker

Duh, Ribuan Jemaah Umrah Kena Corona

Minggu, 6 Maret 2022 08:07 WIB
Ketua Satgas Penanganan Covid-19, Suharyanto. (Foto: Dok. BNPB)
Ketua Satgas Penanganan Covid-19, Suharyanto. (Foto: Dok. BNPB)

RM.id  Rakyat Merdeka - Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 meminta masyarakat yang berangkat umrah lebih waspada terhadap penularan Corona. Tak sedikit jemaah yang membawa pulang virus itu saat kembali  ke tanah air.

Ketua Satgas Penanganan Covid-19, Suharyanto menjelaskan, yang menjadi perhatiannya saat ini tidak hanya transmisi atau penularan di dalam negeri. Tapi juga, menekan penularan dari luar negeri.

Baca juga : Bappebti Intip Masa Depan Cerah Token Crypto Lokal

Hal tersebut juga dibahas oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sebagai Koordinator Penanganan Covid-19 saat rapat koordinasi nasional pekan lalu.

“Itu juga menjadi pokok perhatian saat di dalam Rakornas. Karena keberangkatan umroh ini tinggi,” ujar Suharyanto, di Jakarta, kemarin.

Baca juga : Berkolaborasi Dengan Tulus, Cadbury Luncurkan Kemasan Ungkapkan Hati

Dia menyebut, berdasarkan data, pada pekan lalu, jemaah yang terinfeksi Covid-19 jumlahnya hampir separuh dari seluruh jamaah yang tiba di Tanah Air. Dari 13.941 jemaah, sebanyak 6.518 orang positif Covid-19, atau sekitar 46,75 persen. Bersyukur, tiga hari terakhir ini, ada penurunan sebesar 33 persen.

Suharyanto mengatakan, para penyelenggara haji mengungkapkan, pada saat datang ke Arab Saudi, seluruh jemaah negatif virus Corona. “Tetapi begitu pulang mereka positif Covid-19,” imbuhnya.

Baca juga : Verifikasi Faktual Potensial Sumbang Penularan Corona

Suharyanto pun meminta masyarakat yang berangkat ke Arab Saudi untuk tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes). Kedisiplinan dalam menerapkan prokes sangat penting untuk meminimalisir penularan Covid-19.

“Ternyata penyebab mereka positif Covid-19 karena banyak protokol kesehatan yang dilanggar ketika beraktivitas,” ungkap­nya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.