Dark/Light Mode

Cari Hoegeng Baru, Polri Diharapkan Lebih Humanis

Kamis, 14 April 2022 17:47 WIB
Webinar bertajuk Hoegeng Awards 2022: Mencari Sosok Polisi Teladan di Tengah Tantangan Kekinian, Kamis (13/4). (Foto: Ist)
Webinar bertajuk Hoegeng Awards 2022: Mencari Sosok Polisi Teladan di Tengah Tantangan Kekinian, Kamis (13/4). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Polri akan memberikan penghargaan Hoegeng Awards kepada jajarannya yang terpilih. Hal ini dilakukan untuk memacu anggotanya melakukan tugas serta pengabdian dengan tulus dan sungguh-sungguh.

Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo mengungkapkan, Kapolri ke-5 Jenderal (Purn) Hoegeng Iman Santoso merupakan oase keteladanan yang mashur dengan integritas dan citra positif yang mendapat pengakuan semua kalangan.

Untuk itu, dalam sambutan tertulis yang dibacakan Karopenmas Brigjen Ahmad Ramadhan, Dedi mengatakan, membaca ulang sejarah perjalanan kepemimpinan Hoegeng dapat dijadikan model dalam membangun spirit perubahan di internal Polri.

Baca juga : Narsum Berita Harus Punya Otoritas Dan Kredibilitas

"Kapolri sudah menyiapkan penghargaan Hoegeng Award untuk mencari Hoegeng Baru," ungkap Dedi dalam sambutannya dalam webinar bertajuk 'Hoegeng Awards 2022: Mencari Sosok Polisi Teladan di Tengah Tantangan Kekinian', Kamis (13/4).

Pengamat sosial budaya Fahry Ali mengingatkan agar tidak mereduksi perjuangan Hoegeng dalam perjalanan politik bangsa hanya pada kejujuran dan kesederhanaan yang didemonstrasikan sepanjang ia menjabat Kapolri.

"Hoegeng menunjukkan sikap konsistennya untuk melakukan tindakan korektif di tengah kisaran politik pembangunan negara melalui dedikasi dan keteladanannya," kata dia.

Baca juga : Buah Sinergi Bareng Polri, KKP Lepasliarkan 6.100 BBL Hasil Penyelundupan

Menurutnya, apa yang dilakukan oleh Hoegeng bisa diterapkan pada seluruh abdi negara. Untuk itu, Fahry mengusulkan agar calon penerima Hoegeng Award tidak hanya dari Polri tetapi diberikan kesempatan kepada setiap abdi negara secara nasional.

Sementara Polri, lanjut Fahry, harus menerapkan prinsip legal rational yang dilakukan Hoegeng sebagai seorang abdi negara, yaitu dengan hanya mengindahkan ketentuan-ketentuan yang absah ketika menjalankan tugas.

Semenatara Wakil Ketua MPR Arsul Sani mengakui dalam tujuh tahun terakhir kepercayaan publik terhadap Polri mengalami kenaikan bahkan melewati KPK.

Baca juga : Mafia Solar, Rasain Lu!

Namun, Arsul yang juga anggota Komisi III DPR itu mengingatkan, Polri dituntut menjawab tantangan ke depan. Di antaranya, mewujudkan kepolisian yang mengayomi dan melindungi masyarakat, serta menjaga netralitas dalam mengawal proses demokrasi.

"DPR percaya Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo bisa mewujudkan visi Presisi Polri untuk menjawab tantangan itu," bebernya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.