Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

BNPT Apresiasi Peran Lapas Sukseskan Program Deradikalisasi

Kamis, 14 April 2022 21:24 WIB
Kegiatan Safari Ramadan BNPT di Lapas Kelas IIA Permisan Nusakambangan, Jawa Tengah. (Foto: Humas BNPT)
Kegiatan Safari Ramadan BNPT di Lapas Kelas IIA Permisan Nusakambangan, Jawa Tengah. (Foto: Humas BNPT)

RM.id  Rakyat Merdeka - Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) mengapresiasi pihak Lapas (Lembaga Pemasyarakatan) yang selama ini turut andil dalam mensukseskan program deradikalisasi untuk membina dan memfasilitasi program deradikalisasi bagi napiter.

"Kami mengapresiasi semua pembinaan dan usaha serta upaya yang dilakukan oleh pihak lapas dalam mensukseskan program deradikalisasi. Salah satunya dengan memfasilitasi kegiatan safari ramadan yang menjadi salah satu Program Subdit Bina Dalam Lapas. Kegiatan ini merupakan bagian dari proses deradikalisasi yang terus berlangsung dengan melibatkan multi pihak," ungkap Direktur Deradikalisasi BNPT, Prof Dr Irfan Idris dalam sambutannya pada kegiatan Safari Ramadan di Lapas Kelas IIA Permisan Nusakambangan, Jawa tengah, seperti keterangan yang diterima RM.id, Kamis (14/4).

Baca juga : Universitas Esa Unggul Sukses Gelar Kejuaraan Karate Tingkat Nasional

Sesuai dengan UU No.5 Tahun 2018 BNPT memiliki tanggungjawab dalam menjalankan program deradikalisasi yang bertujuan menghilangkan atau mengurangi dan membalikkan pemahaman radikal terorisme yang telah dialami seseorang.

Dalam melakukan deradikalisasi, BNPT menggunakan konsep kerjasama multipihak (pentahelix) dengan dengan pelibatan unsur pemerintah, akademisi, pelaku usaha media dan komunitas/masyarakat. Salah satu kolaborasi Pentahelix ini dijalin antara BNPT dengan pihak Lapas. 

Baca juga : Menag Ajak Umat Sukseskan Program Vaksinasi Booster

Sementara itu, Kalapas Kelas IIA Permisan Nusakambangan, Mardisa Santoso menyampaikan selama ini pihaknya terus berinovasi dalam membina napiter.

"Pembinaan yang ada di Lapas Permisan diantaranya hidroponik dan batik. Lapas Permisan juga mencari inovasi pembinaan yang berhubungan dengan potensi daerah pantai yang ada di sekitar lapas. Salah satu contohnya seperti pembiakan lobster atau perikanan," katanya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.