Dark/Light Mode

Terima Kunjungan Try Sutrisno Cs

Andika: TNI Loyal Dan Akan Teruskan Cita-cita BPIP

Senin, 18 April 2022 13:24 WIB
Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa saat menerima Wakil Ketua Dewan Pembina BPIP Try Sutrisno dan petinggi BPIP lainnya. (Foto: Tangkapan layar YouTube Jenderal TNI Andika Perkasa)
Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa saat menerima Wakil Ketua Dewan Pembina BPIP Try Sutrisno dan petinggi BPIP lainnya. (Foto: Tangkapan layar YouTube Jenderal TNI Andika Perkasa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa menyambut gembira kunjungan kerja jajaran petinggi Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP). Dalam kunjungan yang berlangsung di Kantor Subden Merdeka Barat, Jakarta, beberapa petinggi BPIP yang datang antara lain Wakil Ketua Dewan Pengarah BPIP Jenderal TNI (Purn) Try Sutrisno, Sekretaris Dewan Pengarah BPIP Mayor Jenderal TNI (Purn) Wisnu Bawa Tenaya, dan Kepala BPIP Prof Yudian Wahyudi.

Dalam pertemuan ini, Andika menegaskan pihaknya loyal dan akan meneruskan cita-cita BPIP guna melestarikan nilai-nilai Pancasila di Indonesia. "Terima kasih atas semua wejangan dan sharing dari Bapak. Kami pasti akan loyal dan akan meneruskan cita-cita BPIP untuk melestarikan Pancasila," kata Andika, seperti video yang diunggah di kanal YouTube Jenderal TNI Andika Perkasa, Senin (18/4).

Pernyataan itu disampaikan Andika merespons ajakan kerja sama dari BPIP kepada TNI terkait dengan pembinaan ideologi Pancasila. Pasalnya, TNI merupakan salah satu ujung tombak dalam menjaga ideologi Pancasila. Selain itu, Korps Baju Loreng itu juga merupakan ujung tombak Lemerintah untuk menggaungkan nilai-nilai ideologi Pancasila kepada masyarakat Indonesia secara luas.

Baca juga : Andika Bukan Mau Perang

"Kami pasti tindak lanjuti (ajakan kerja sama ini)," lanjut mantan Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) itu.

Sebelumnya, Kepala BPIP Prof Yudian Wahyudi menjelaskan, sudah ada komunikasi awal terkait rencana seragam pedoman pembinaan Pancasila. Dokumennya pun sudah dibahas di Pembinaan Mental (Bintal).

"Sejauh ini kami sudah ada komunikasi lebih awal. Yang salah satunya adalah seragam pedoman pembinaan ideologi Pancasila untuk TNI-Polri dan dokumen ini sudah pernah dibahas di bintal," ungkap Yudian.

Baca juga : IMI Siap Bantu MGPA Bersihkan Sirkuit Mandalika Jelang MotoGP

Sementara itu, Wakil Ketua Dewan Pengarah BPIP Jenderal TNI (Purn) Try Sutrisno mengungkapkan, kerja sama ini merupakan bagian dari koordinasi BPIP dengan TNI-Polri. Sebab, dalam hal ini, tugas BPIP adalah membantu presiden dalam merumuskan kebijakan pembinaan pancasila.

"Bapak Kepala kita ini mempunyai kewajiban untuk koordinasi kepada seluruh jajaran pemerintahan dan terutama TNI-Polri yang intinya, Pak, bahwa BPIP ini adalah membantu Presiden dalam merumuskan kebijakan pembinaan pancasila," tuturnya.

Ia berharap agar TNI dapat membangun sinergitas dengan BPIP, dan menjadi salah satu tonggak utama untuk menggaungkan nilai-nilai ideologi Pancasila. [UMM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.