Dark/Light Mode

Pamer Meme Jokowi Nanya THR

Sri Mulyani Tidak Kuat Nahan Tawa

Rabu, 20 April 2022 06:40 WIB
Meme berisi sindiran jenaka mengenai kapan THR akan diumumkan dan dibayar pemerintah. (Foto: Istimewa).
Meme berisi sindiran jenaka mengenai kapan THR akan diumumkan dan dibayar pemerintah. (Foto: Istimewa).

RM.id  Rakyat Merdeka - Pencairan THR yang sudah diputuskan pemerintah, disambut bahagia para PNS di dunia nyata. Di dunia maya, selain luapan kegembiraan, ada juga ungkapan-ungkapan candaan. Candaan-candaan itu, salah satunya diekspresikan dalam bentuk meme.

Salah satu meme yang unik dan menarik soal THR itu, dipamerkan Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani di akun instagram pribadinya, @smindrawati, Senin (18/4). Isi meme itu ada dua, yang sama-sama menggunakan foto saat Presiden Jokowi menanyakan sesuatu ke Sri Mulyani di tengah rapat. Namun, dialognya diganti menjadi kocak.

Di meme pertama, seolah-olah Jokowi menanyakan mengenai anggaran THR dan gaji ke-13 bagi para PNS ke Sri Mulyani. “Sri, gaji ke-13 dan THR sudah disiapkan uangnya,” tanya Jokowi, dalam meme itu.

Baca juga : Masyarakat NTB Mulai Kepincut Pakai FABA Untuk Bahan Bangunan

“Sudah Pak. Pencairan didahulukan untuk pensiunan yang sudah pikun dan cerewet/bawel. Biar nggak nge-WA terus ke HP, saya sebel banget…!” jawab Sri Mulyani, masih dalam meme itu.

Di meme kedua, Jokowi seakan-akan menanyakan waktu pencairan THR. "Sri, apakah uang THR harus bisa cair Minggu ini?" Sri Mulyani kembali digambarkan sigap menjawab. "Sudah Pak, yang didahulukan orang Depok."

Begitulah meme yang dipasang Sri Mulyani itu. Dibikin meme begitu, Sri Mulyani tidak keberatan. Dia justru merasa terhibur dan tak kuat menahan tawa. “Orang Indonesia memang kreatif dan jenaka,” tulis Sri Mulyani, dalam pembuka keterangan di unggahannya itu.

Baca juga : Bagikan BLT, Jokowi Harap Daya Beli Masyarakat Bisa Lebih Baik

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia itu mengaku, dirinya sering menerima meme serupa. “Setiap menjelang Hari Raya Idul Fitri, saya sering mendapat kiriman meme seperti di atas, dengan berbagai versi. Meme tersebut berisi sindiran jenaka mengenai kapan THR akan diumumkan dan dibayar Pemerintah,” lanjut Sri Mulyani yang saat ini, sedang berada di Washington, Amerika Serikat, untuk memulai pertemuan-pertemuan terkait rangkaian G-20.

Sri Mulyani lalu menjelaskan tentang Peraturan Pemerintah Nomor 16/2022 yang diteken Jokowi, yang mengatur pemberian THR dan gaji ke-13 bagi PNS. Mulai dari jumlah penerima sampai alokasi dana yang disiapkan.

Di akhir unggahannya, Sri Mulyani mengucapkan terima kasih kepada para PNS yang telah bekerja dengan baik. "Terima kasih atas dedikasi seluruh ASN yang bekerja keras memberikan pelayanan rakyat selama pandemi dan mendorong pemilihan ekonomi," tulisnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.