Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Lantik Purna Paskibraka Jadi Duta Pancasila, Ini Pesan Kepala BPIP

Sabtu, 23 April 2022 12:32 WIB
Pelantikan Purna Paskibraka jadi Duta Pancasila. (Foto: Ist)
Pelantikan Purna Paskibraka jadi Duta Pancasila. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) melantik Purna Paskibraka menjadi Duta Pancasila. Setelah dilantik, para Duta Pancasila diharapkan bisa menjadi teladan dalam mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan di masyarakat.

Kepala BPIP, Yudian Wahyudi mengatakan, berdasarkan ketentuan pasal 9 ayat 1 Purnapaskibraka diangkat sebagai Duta Pancasila serta membuktikan bahwa tugas Paskibraka setelah purna harus terus menerus dijaga dalam berkesinambungan dan tidak dibatasi ruang dan waktu.

“Peran Purnapaskibraka Duta Pancasila diharapkan menjadi teladan dalam mengaktualisasikan nilai-nilai Pancasila di berbagai kegiatan di masyarakat," kata Yudian, saat memberikan arahan kepada Duta Pancasila Purnapaskibraka, di Jakarta, Jumat (22/4).

Baca juga : Prapanca Pastikan Persija Masih Buru Pemain Anyar

Yudian melanjutkan, masyarakat menantikan kehadiran Purnapaskibraka yang sudah dilantik menjadi Duta Pancasila untuk bersama masyarakat membangun negeri. Mantan rektor UIN Yogyakarta tersebut berharap agar Duta Pancasila bisa menjadikan Pancasila sebagai bintang penuntun dalam melaksanakan pengabdian untuk bangsa dan negara.

"Sebagai Purnapaskibraka Duta Pancasila, saudara-saudara akan melaksanakan pengarusutamaan Pancasila. Laksanakanlah tugas ini di tengah masyarakat. Hadirlah menjadi pemimpin-pemimpin Indonesia yang sejati. Hadirlah sungguh-sungguh sebagai Pandu yang menuntun masyarakat untuk semakin mencintai Indonesia,” ujarnya.

“Jadilah Pandu yang memandu masyarakat bagaimana mewujudkan Indonesia yang Adil dan Makmur, berdasarkan Pancasila. Jadikanlah program Paskibraka menjadi momentum gairah bagi saudara-saudara semua dalam membumikan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari," sambutnya.

Baca juga : Pimpin Rapat Paripurna Pengesahan RUU TPKS, Puan: Ini Momen Bersejarah

Sementara itu, Sekretaris Dewan Pengarah Mayor Jendral TNI Purn Wisnu Bawa Tenaya mengatakan, pengangkatan Purnapaskibraka sebagai Duta Pancasila ini merupakan tahun angkatan kedua yang diselenggarakan BPIP.

Pengangkatan ini diharapkan  mampu menjalankan mandat dari Peraturan Presiden nomor 51 tahun 2022 tentang pasukan pengibar bendera pusaka. BPIP melaksanakan kegiatan pengangkatan Purnapaskibraka Duta Pancasila sebelum 2021 gelombang kedua pada Jumat 22 April 2022 secara hybrid.

Pengangkatan Purnapaskibraka menjadi Duta Pancasila merupakan mandat dari Peraturan Presiden nomor 51 tahun 2022 tentang Program pasukan pengibar bendera pusaka. "Setelah menjadi Purna dan diangkat menjadi Duta Pancasila saya menekankan agar Duta Pancasila harus menjadi teladan di masyarakat, selalu mengedepankan kejujuran, berperilaku positif, menjaga kelestarian lingkungan serta menjadi garda terdepan dalam menjaga kedaulatan NKRI," kata Wisnu Bawa. [BCG]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.