Dark/Light Mode

Tok! Liana Bratasida Terpilih Jadi Ketum Asosiasi Industri Pulp Dan Kertas

Kamis, 24 Maret 2022 22:29 WIB
(Dari kiri) Mantan Ketua Umum APKI Aryan Warga Dalam, Ketua APKI Liana Bratasida Dan Ketua Dewan Pengawas APKI Ngakan Timur Antara. (Foto: ist)
(Dari kiri) Mantan Ketua Umum APKI Aryan Warga Dalam, Ketua APKI Liana Bratasida Dan Ketua Dewan Pengawas APKI Ngakan Timur Antara. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Asosiasi Pulp dan Kertas Indonesia (APKI) menggelar kongres pada 23-24 Maret 2022. Dalam kongres ini Direktur Eksekutif APKI, Liana Bratasida terpilih jadi Ketua Umum APKI.

Kongres APKI 2021 kali ini mengambil  tema Peluang dan Tantangan Industri Pulp dan Kertas Berbasis ESG. Kongres APKI 2021 ini seharusnya dilaksanakan pada 2021, namun tertunda karena pembatasan mobilitas Pandemi Covid-19.

Dalam agendanya, Kongres APKI 2021 memutuskan kebijakan-kebijakan bagi para anggota pelaku usaha industri pulp dan kertas Indonesia seperti Kebijakan Perdagangan Internasional, Litbang, Standar, Bahan Baku, Lingkungan serta kerjasama dengan para pihak mitra APKI dari dari Kementerian dan Lembaga (K/L) dalam mewujudkan Garis Besar Kebijakan APKI mendatang yang berwawasan ESG.

Acara juga dilanjutkan dengan pemilihan Ketua Umum APKI periode 2021-2016 dan Dewan Pengawas APKI periode 2021-2026.

Baca juga : Sarinah Jadi Pusat UMKM Lokal Dan Kongkow Milenial

“Pemilihan Dewan Pengawas merupakan yang pertama bagi APKI, diharapkan Dewan Pengawas yang merupakan para ahli dan ekspert bisa membantu peningkatan kinerja dan daya saing bagi kelanjutan Industri Pulp dan Kertas. Ini seperti Inspektur Jenderal atau Komisaris jika di K/L atau Perusahaan,” ujar Pimpinan Sidang, Heppi Moiras.

Sesuai laporan dari tim verifikasi, tercatat terdapat 3 usulan Calon Ketua Umum. Di antaranya adalah Aryan Warga Dalam (Ketua APKI 2016-2021), Liana Bratasida (Direktur Eksekutif APKI 2011-2021) serta Heri Setyawan (Pura Group).

Untuk usulan Dewan Pengawas, tercatat terdapat 3 nama yakni Dody Widodo (Sekjen Kemenperin), Ngakan Timur Antara (Staf Ahli Menteri Koordinator Bidang Perekonomian) serta Agustian Partawidjaja (Sinarmas).

Dari hasil pemilihan dan musyawarah, terpilih Liana Bratasida sebagai Ketua Umum APKI periode 2021-2026 dengan perolehan 26 suara dukungan perusahaan. Sementara Ngakan Timur Antara terpilih jadi Dewan Pengawas APKI dengan perolehan 15 suara dukungan perusahaan. 

Baca juga : Top, Indonesia Terpilih Jadi Tuan Rumah WWF Ke-10 Di Bali

Sebagai penghormatan atas jasa dan ilmu, Aryan Warga Dalam juga terpilih menjadi Dewan Penasehat APKI periode 2021-2026.

“Terima kasih banyak atas kepercayaan amanah yang diberikan dari Bapak/Ibu seluruh anggota APKI terutama Ketua Umum sebelumnya dan Dewan Pengurus yang selama ini telah bekerja keras untuk menjadikan APKI sebagai asosiasi yang tangguh dan berprestasi,” ujar Liana.

Menurut Liana, pihaknya akan lebih meningkatkan kinerja asosiasi untuk mewujudkan visinya sebagai wadah yang tangguh mewujudkan industri pulp, kertas dan kertas lainnya yang berkelanjutan di Indonesia. Serta dapat bersaing di tingkat regional dan global.

Kata dia, Sektetariat APKI sangat mengharapkan adanya kebersamaan, karena APKI adalah milik bersama. Tanpa adanya masukan dari anggota, APKI merupakan organisasi yang tidak ada apa-apanya.

Baca juga : Bagas/Fikri Jadi Juara , Ketua Umum PBSI: Kejayaan Indonesia Di All England Kembali Terulang

“Hidup APKI, Bravo APKI. Maju terus Industri Pulp dan Kertas Indonesia!” tambah Liana mengakhiri pidato pertamanya sebagai Ketua Umum APKI 2021-2026.

Sebelum melakukan pemilihan Ketua Umum hari ini, kemarin APKI menggelar Seminar Nasional membahas mengenai permasalahan-permasalahan yang dihadapi oleh industri pulp dan kertas.

Saat membuka kegiatan seminar nasional, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasminga menyampaikan dukungannya mewujudkan industri pulp dan kertas yang berwawasan ESG. Menurut dia, industri ini memiliki peran yang sangat penting dalam ekonomi nasional dan global.

Menurut Agus, pemerintah mendukung penerapan pengembangan daya saing nasional dengan memperhatikan prinsip industri hijau yang juga sejalan dengan era revolusi industi 4.0 dan mendorong implementasi kebijakan zero waste dan sirkular ekonomi. [DIT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.