Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Antisipasi Kemacetan Di Gerbang Tol Kalikangkung, Ganjar Promosikan Jalur Selatan

Minggu, 24 April 2022 07:18 WIB
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat meninjau Gerbang Tol Kalikangkung, Semarang, Sabtu (23/4). (Foto: Humas Jateng)
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat meninjau Gerbang Tol Kalikangkung, Semarang, Sabtu (23/4). (Foto: Humas Jateng)

RM.id  Rakyat Merdeka - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menegaskan, wilayahnya siap menerima limpahan pemudik Lebaran.

Berdasarkan hasil survey, Jawa Tengah (Jateng) menjadi daerah terbesar tujuan pemudik Lebaran 2022. Sebanyak 23,5 juta orang atau 28 persen dari 85,5 juta pemudik nasional, bakal pulang kampung ke Jateng. 

Terkait hal tersebut, Ganjar melakukan sejumlah persiapan untuk mengantisipasi kemacetan di Gerbang Tol Kalikangkung, dengan adanya kebijakan oneway di Jalan Tol Trans Jawa itu.

Hal itu disampaikan Ganjar, saat mendampingi Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Menko Bidang Pembangunan SDM Muhadjir Effendy saat meninjau Tol Kalikangkung di Semarang, Sabtu (23/4).

Baca juga : Jasa Marga Antisipasi Kemacetan Di Tol Jagorawi Selama Arus Mudik

“Kami sudah siapkan jalur selatan. Saya akan ikut promosikan jalur itu agar semua tidak menumpuk di jalan tol ini. Besok, saya akan keliling untuk melihat jalur selatan. Agar publik tahu bahwa jalur selatan juga nyaman,” katanya.

Ganjar juga sudah memerintahkan seluruh Bupati/Wali Kota yang ada di jalur selatan, untuk mempersiapkan kebutuhan pemudik dengan baik. Seperti stasiun pengisian BBM, tempat kuliner, dan rest area.

“Kami juga diminta mengatur lalu lintas, jalur alternatif, siaga bencana, dan dukungan kesehatan serta lainnya. Sebab pesan Pak Menko PMK tadi bagus. Orang mudik itu bahagia dan ingin senang. Maka harus dilayani dengan baik,” jelasnya.

Selain itu, Ganjar juga sudah mempersiapkan sejumlah jalur alternatif. Jalur itu akan digunakan saat terjadi penumpukan kendaraan di GT Kalikangkung.

Baca juga : Mau Mudik Enak, Booster Sekarang

“Beberapa jalur alternatif sudah kami siapkan. Tadi Kakorlantas juga mengatakan sudah menyiapkan dengan komando nasional. Jika terjadi penumpukan, perintahnya langsung diurai. Maka plan A, B, C, dan D dari pihak kepolisian sudah disiapkan,” pungkasnya.

Dari pemetaan yang dilakukan, Menhub mengungkap, jalur terpadat saat mudik Lebaran adalah jalan tol dari Bekasi menuju Kalikangkung. Sehingga, persiapan perlu dilakukan dengan matang.

“Prediksi kami, jumlah pemudik akan naik dibanding tahun 2019, hingga 40 persen. Sementara puncak pemudik diprediksikan terjadi pada 28-30 April. Jadi, sudah seharusnya kita manage jalur ini agar lancar,” papar Menhub.

Menhub menghimbau pada masyarakat, agar tidak mudik saat puncak arus mudik. Masyarakat diharapkan bisa mudik lebih awal, sebelum 28 April 2022.

Baca juga : Dishub Temukan Ratusan Bus AKAP Nggak Laik Jalan

"Selain itu, kami minta pemudik, agar tidak menggunakan sepeda motor. Karena itu membahayakan. Selain jarak terlalu jauh dan meletihkan, banyak kecelakaan terjadi pada pemudik sepeda motor," tutur Menhub. 

"Pemerintah sudah menyediakan angkutan mudik gratis, termasuk untuk sepeda motor. Jadi tolong dimanfaatkan,” pungkasnya. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.