Dark/Light Mode

Dukungan Semakin Membludak

Jalan Anies Makin Lapang

Rabu, 27 April 2022 08:00 WIB
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. (Foto: Antara/Hafidz Mubarak A)
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. (Foto: Antara/Hafidz Mubarak A)

 Sebelumnya 
“Jadi ada tiga nama yang menjadi jagoan. Hanya 7,1 persenyang memilih Airlangga,” ujar Direktur Eksekutif Charta Politika Indonesia, Yunarto Wijaya dalam keterangannya, kemarin.

Partai lain yang tidak solid mendukung ketua umumnya adalah PKB. Partai berbasis suara NU itu mayoritas mendukung Ganjar Pranowo dengan 25,8 persen, diikuti Khofifah Indar Parawansa 22,5 persen, dan Anies Baswedan 19,2 persen.

Baca juga : Polres Jaktim Tutup Jalan Basuki Rahmat

Sementara untuk PDI Perjuangan sebanyak 66,8 persen menyatakan dukungan ke Ganjar, dan 6,3 persen ke Puan. Bahkan ada 11 persen yang memilih Prabowo.

Untuk NasDem, kata Yunarto, suara pemilih partai yang diketuai Surya Paloh itu masih terpecah. Menurut survei, sebanyak 33,3 persen memilih Anies Baswedan dan 32,3 persen Ganjar Pranowo. “Angka ini menarik bagi NasDem yang akan melakukan Rakernas, dengan keterbelahan (suara dukungan), dengan angka yang cukup seimbang,” kata Yunarto.

Baca juga : Ibas Dorong Desa Wisata Makin Berkembang

Sedangkan Demokrat, Yunarto menyebut, simpatisan partai berlambang mercy itu menjagokan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Anies Baswedan. Keduanya mendapatkan suara 30,6 persen atau sama besar dari para simpatisan Demokrat.

Relawan Anies dari Gerakan Persaudaraan Muslim Indonesia (GPMI) bersyukur Anies kian diminati partai politik. Ketua Umum GPMI Syarief Hidayatulloh yakin, selain PPP dan Nasdem, partai lain akan menyusul mendukung Anies. “Karena elektablitasnya paling konsisten dan terus naik untuk saat ini. Partai butuh tokoh yang bisa mendongkrak elektoral seperti Mas Anies,” katanya kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Baca juga : Perindo Perjuangkan Ekonomi Kerakyatan

Saat ini, yang diperlukan Anies adalah menjaga momentum selepas tak menjabat Gubernur DKI Jakarta Oktober tahun ini. Dikatakannya, berbagai simpul relawan Anies saat ini sedang mengkaji langkah dan sarana Anies baik kegiatan langsung di lapangan atau media sosial untuk memberi panggung. [FAQ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.