Dark/Light Mode

Erick Thohir Fasilitasi Mudik Gratis Naik KM Dobonsolo, Pemudik: Terima Kasih Pak!

Rabu, 27 April 2022 16:15 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir saat melepas pemudik di dermaga penumpang Pelabuhan Tanjung Priok/IG
Menteri BUMN Erick Thohir saat melepas pemudik di dermaga penumpang Pelabuhan Tanjung Priok/IG

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir melepas para pemudik dari dermaga terminal penumpang Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, menuju Surabaya dan Semarang, pada Selasa, (26/4).

Sebanyak 1.109 orang penumpang yang dilepas menggunakan KM Dobonsolo, dan termasuk di antaranya 470 orang peserta mudik gratis dan 416 orang peserta biasa.

Selain penumpang, Erick juga memfasilitasi mudik gratis menggunakan sepeda motor tujuan Surabaya-Semarang berjumlah 216. 

Difasilitasi mudik gratis, salah satu pemudik yang ditemui Erick dalam kapal merasa bahagia dan mengucapkan terima kasih atas fasilitas gratis yang diberikan. Pemudik tersebut pun meminta program mudik gratis ini terus dilakukan setiap tahun. 

Baca juga : Syarat Mudik Lebaran Gratis Dishub Pemkot Tangerang 2022

“Pak, terima kasih ya Pak sudah kasih fasilitas mudik gratis. Mudah-mudahan berlanjut terus ya Pak,” harappemudik seperti dikutip dari video pendek di Instagram Erick Thohir @erickthohir, Rabu (27/4).

Masyarakat merasa terbantu dengan adanya program mudik gratis ini. Sebab, kondisi pandemi Covid-19 saat ini, warga banyak yanh kesulitan dari sisi keuangan.

“Saya kebetulan nggak kerja Pak, makannya saya cari yang gratis. Alhamdulillah dengan adanya mudik gratis ini saya terbantu,” ujarnya.

Bersamaan dengan itu, pemudik perempuan paruh baya ini mengucap syukur atas bantuan Pemerintah yang telah memfasilitasi masyarakat mudik gratis, hingga mereka bisa bertemu keluarga.

Baca juga : Jangan Naik Motor, Ikutan Mudik Gratis Kemenhub Aja Yuk

“Pengennya bisa pulang bertemu saudara Pak Erick,” ucapnya.

Erick mengaku, ikut merasakan kebahagiaan yang dirasakan oleh pemudik, setelah dua tahun dilarang mudik akibat pandemi Covid-19.

“Saya merasakan kebahagiaan para pemudik, siang tadi di atas KM Dobonsolo. Dua tahun tak dapat bertemu keluarga, Insya Allah ldul Fitri tahun ini dapat melepas rindu,” kata Erick.

Meski melepas ratusan pemudik, Erick tetap mengingatkan para pemudik tetap menjaga protokol kesehatan agar perjalanan mudik tetap aman dan nyaman.

Baca juga : Erick Fasilitasi Perumahan Buat Milenial, Pengamat: Inovasi Kebijakan Yang Oke

“Untuk seluruh kru KM Dobonsolo yang tetap bertugas selama masa Lebaran, saya titip para pemudik, layani dengan sepenuh hati. Hati-hati di jalan,” tutup Erick. 

Program mudik gratis ini khusus ditujukan untuk pemudik yang menggunakan sepeda motor. Penggunaan sepeda motor untuk mudik memang masih cukup tinggi dan diminati oleh masyarakat karena berbagai alasan kemudahan.

Tahun ini, program Mudik Gratis Sepeda Motor Naik Kapal Laut melayani rute Jakarta – Semarang – Surabaya untuk dua kali keberangkatan (voyage) arus mudik. Yakni, tanggal 26 April 2022 dengan KM Dobonsolo dan tanggal 29 April 2022 dengan KM Ciremai. Serta dua kali voyage arus balik tanggal 11 Mei 2022 dengan KM Dobonsolo dan tanggal 9 Mei 2022 dengan KM Ciremai.

Diketahui, Kapal KM Dobonsolo beroperasi sesuai dengan trayek dan jadwal operasinya untuk mobilitas penumpang dan barang. Pada masa periode Lebaran tahun ini diberikan tugas layanan tambahan dengan memuat peserta mudik motor gratis tujuan semarang dan surabaya. [REN]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.