Dark/Light Mode

Erick Fasilitasi Perumahan Buat Milenial, Pengamat: Inovasi Kebijakan Yang Oke

Kamis, 7 April 2022 18:53 WIB
Pengamat Kebijakan Publik Universitas Trisakti, Trubus Rahadiansyah/Ist
Pengamat Kebijakan Publik Universitas Trisakti, Trubus Rahadiansyah/Ist

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri BUMN Erick Thohir memberikan perhatian khusus terhadap perumahan untuk milenial dan generasi Z atau dikenal dengan Gen Z dengan harga terjangkau. Pasalnya, sampai saat ini masih banyak warga berpenghasilan rendah, terutama kaum milenial yang belum memiliki hunian tetap.

Pengamat Kebijakan Publik Universitas Trisakti, Trubus Rahadiansyah menilai langkah Erick Thohir mendorong kolaborasi antar BUMN untuk memfasilitasi perumahan untuk milenial dan Gen Z ini, terobosan inovasi kebijakan yang bagus. Trubus berharap kebijakan tersebut bisa terealisasikan dan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat. 

“Itu inovasi kebijakan yang bagus. Kalau sebagai kebijakan tentu ini kebijakan publik dan harus disesuaikan. Artinya, harus ada keberpihakan pada milenial, tidak hanya sekadar nama,” kata Trubus di Jakarta, Kamis (7/4).

Baca juga : Demokrat Jualan Gerilya Nusantara

Menurut dia, pencanangan penyediaan pembiayaan dan hunian oleh milenial ini adalah kebijakan baru yang pernah ada di Indonesia. Pemerintah memberikan perhatian kepada anak-anak milenial untuk memiliki rumah. Pasalnya, masalah perumahan saat ini sangat krusial di Indonesia, khususnya di pusat-pusat kota.

Pengajar di Universitas Trisakti Jakarta itu menuturkan, kebijakan tersebut harus dibarengi dengan informasi dan edukasi yang intens, terutama soal syarat memiliki rumah bagi milenial. “Supaya tidak hanya jargon, atau gimik saja,” ujarnya. 

Trubus juga mengatakan, harus ada perencanaan yang matang soal kebijakan penyediaan pembiayaan dan hunian buat milenial ini. Karena yang ditakutkan ke depan adalah masalah harga. 

Baca juga : Stok Cabai Jawa Barat Siap Penuhi Kebutuhan Lebaran

Erick Thohir akan menggandeng beberapa perusahaan BUMN seperti BTN, Perumnas, KAI, PLN dan Telkomsel untuk mempermudah proses kepemilikan rumah bagi milenial, namun kata Trubus, harus ada kepastian atau kesepakatan yang jelas antara bank dan calon pemilik rumah, karena tidak semua anak-anak milenial memiliki pekerjaan tepat. 

“Jadi kembali lagi sebagai catatan, rencana Pak Erick Thohir sangat bagus, tapi bagaimana implementasinya, harus diperhatikan. Karena kita sudah punya pengalaman banyak dari rumah rakyat, rumah murah, rumah DP Nol Rupiah dan semua pada akhirnya tidak berhasil atau bermasalah,” pubgkasnya.

Sebelumnya, Menteri BUMN Erick Thohir telah mencanangkan penyediaan pembiayaan dan hunian milenial di kawasan Depok, Jawa Barat. 

Baca juga : Pengamat: Pertanda Baik Bagi Demokrasi

Menurut Erick Thohir, perumahan merupakan masalah krusial di seluruh dunia, termasuk di Indonesia dengan populasi lebih dari 273 juta jiwa. Oleh karena itu, perlu one stop solution agar kebutuhan perumahan bisa terpenuhi, tidak hanya untuk milenial tetapi juga generasi Z atau Gen Z.

“Solusi yang ditawarkan ini bagaimana mensinergikan tanah yang disediakan oleh PT Kereta Api, Perumnas yang membangun dibantu oleh BUMN Karya, BTN yang memberikan financing dibantu oleh jasa keuangan, PLN dan Telkomsel bersinergi memberikan solusi yang baik,” kata Erick. [REN]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.