Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Naik Heli, Kepala BNPB & Menko PMK Tinjau Arus Mudik Lebaran Di Garut

Jumat, 29 April 2022 14:02 WIB
Kepala BNPB Letjen TNI,  Suharyanto
Kepala BNPB Letjen TNI, Suharyanto

RM.id  Rakyat Merdeka - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suharyanto bersama Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy bertolak ke Kabupaten Garut, Jawa Barat, Jumat  (29/4) pagi.

Kedatangannya untuk memastikan aktivitas mudik yang dilakukan sebagian besar masyarakat, khususnya di wilayah Garut dan sekitarnya jelang Hari Raya Idul Fitri 1443 H berjalan dengan aman dan tetap sehat.

Baca juga : Dikawal Kapolri, TIga Menteri Jokowi Tinjau Arus Mudik Lebaran Di Merak

“Kami datang untuk memastikan aktivitas mudik dapat berjalan dengan aman dan tetap sehat,” ujar Suharyanto dalam keterangan tertulis diterima di Jakarta, Jumat.

Kepala BNPB dan Menko PMK bertolak dari Bandar Udara Pondok Cabe menggunakan helikopter pada pukul 08.30 WIB . Perjalanan udara yang ditempuh kurang lebih 90 menit itu direncanakan akan mendarat di Lapangan Pasopati, Limbangan, Garut dan disambut oleh Bupati Garut Rudy Gunawan beserta unsur Forkopimda setempat.

Baca juga : Jelang Puncak Arus Mudik, KAI Ingatkan Kembali Syarat Naik KA

Sebelumnya, peninjauan mudik juga dilakukan di Bakauheni, Lampung pada Kamis (28/4). Lintas penyeberangan Bakauheni-Merak dan sebaliknya menjadi perhatian utama pucuk pimpinan Kementerian/Lembaga itu mengingat jalur yang menghubungkan Pulau Jawa dan Sumatera itu dibayangi oleh potensi ancaman bencana dari aktivitas Anak Gunung Krakatau.

Melalui tinjauan udara langsung, dapat dipastikan bahwa peningkatan status Anak Gunung Krakatau menjadi level III atau ‘Siaga’ tidak memberikan dampak buruk secara langsung bagi pelayaran Bakauheni-Merak. Hal itu disebabkan adanya beberapa faktor seperti menurunnya aktivitas erupsi, adanya pulau-pulau sebagai benteng yang dapat mereduksi tsunami hingga jarak yang relatif jauh dari Anak Gunung Krakatau dengan area penyeberangan.

Baca juga : Garuda Siapkan 855 Ribu Kursi Pada Periode Puncak Mudik Lebaran

Kendati demikian, Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto tetap meminta masyarakat agar selalu meningkatkan kewaspadaan dan hanya memperbarui informasi terkini terkait aktivitas Gunung Anak Krakatau dari pemerintah.

“Ini harus disikapi secara arif dan tetap hati-hati, serta waspada tetapi bukan berarti terus menimbulkan kepanikan. Masyarakat harus tetap update dari situs resmi pemerintah untuk menghindari hoaks. Diharapkan masyarakat tetap tenang,”ujar dia. [KPJ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.