Dewan Pers

Dark/Light Mode

Menhub: Kepadatan Kendaraan Di Merak Mulai Terurai Sore Ini

Sabtu, 30 April 2022 20:25 WIB
Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi. (Foto: BKIP Kemenhub)
Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi. (Foto: BKIP Kemenhub)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi memastikan kepadatan kendaraan di Merak mulai terurai pada sore ini.

"Setelah tadi pagi sampai siang saya ke Merak. Kami melakukan satu upaya untuk menambah Pelabuhan yaitu Indah Kiat dan Ciwandan. Sore ini kondisi terlihat lebih lancar dan berdasarkan pengecekan di Posko ASDP terjadi satu penurunan antrean kendaraan menjadi lebih pendek," ujar BKS, sapaan akrab Budi, Sabtu (30/4).

Berita Terkait : Alhamdulillah, Kepadatan Di Merak Mulai Terurai, Jalur Darat Lancar Jaya

Dia mengungkapkan, di dua pelabuhan tambahan juga telah disiapkan kapal tambahan yaitu untuk di dermaga Ciwandan sebanyak 9 kapal dan dermaga Indah Kiat 2 kapal. "Di Merak sendiri sudah ada 44 kapal. Jadi total sekarang sudah ada 53 kapal,” ungkapnya.

Adanya dua pelabuhan dan kapal tambahan tersebut dapat mengalihkan sekitar 3.000 penumpang, sehingga memecah kepadatan yang ada di Merak.

Berita Terkait : Menkominfo: Penghentian Tetap Siaran TV Analog Tahap I Mulai Besok

Berdasarkan data ASDP, pergerakan penumpang di Pelabuhan mencapai sekitar 37 ribu kendaraan pada Jumat kemarin, atau lebih tinggi daripada jumlah penumpang mudik pada tahun 2019 yang mencapai puncak sekitar 28 ribu kendaraan dalam sehari.

Selain di penyeberangan, kondisi lalu lintas di jalan tol Jakarta ke arah timur hingga GT Kalikangkung Semarang juga relatif lebih lancar.

Berita Terkait : H-4 Lebaran, Kendaraan Keluar Gerbang Tol Merak Naik 63,53 Persen

"Seperti terlihat di CCTV Posko Jasa Marga, dari KM 70-KM 414 Kalikangkung (Semarang) terpantau lancar, begitu juga di Cipularang dan tol layang MBZ tidak ada kemacetan,” jelas BKS. 
 Selanjutnya