Dewan Pers

Dark/Light Mode

Kondangan Ke Putri Wali Kota Makassar

Ganjar & Amran Gelar Pertemuan Tertutup

Minggu, 8 Mei 2022 22:57 WIB
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo bersama eks Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman. (Foto: Istimewa)
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo bersama eks Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo hadiri resepsi pernikahan Putri Wali kota Makassar Ramdhan Pomanto Sabtu (7/5).

Menariknya, sehari sebelumnya, kandidat kuat Calon Presiden 2024 di berbagai lembaga survei ini menyempatkan bertemu dengan eks Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman. Pertemuan kedua tokoh ini di gelar tertutup di gedung kantor milik Amran, AAS Building, Makassar, Jumat (6/5) malam.

Ganjar mengaku pertemuan itu hanya sekadar silaturahmi biasa. Dia memastikan, pertemuan dengan Amran lebih kepada obrolan terkait kerja sama penguatan antara alumni Universitas Gajah Mada (UGM) dan Alumni Universitas Hasanuddin (Unhas).

Sebagaimana diketahui, Ganjar merupakan Ketua Keluarga Alumni UGM (KAGAMA), sementara Andi Amran Sulaiman baru-baru ini terpilih sebagai Ketua Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Unhas. "Kami diskusi soal kemungkinan kerjasama Ika Unhas dan Kagama Jogjakarta," katanya kepada wartawan usai ziarah ke Makam Sultan Hasanuddin, di Gowa, Minggu (8/5).

Berita Terkait : Gerakan Nasional Nusantara Mengaji Gelar Tumpengan Di IKNĀ 

Dia mengaku, pertemuannya dengan Amran tidak sampai membahas persoalan Pilpres 2024. Adapun kunjungannya ke Makassar dalam rangka memenuhi undangan Wali Kota Makassar Ramdhan Pomanto yang pada akhir pekan lalu menggelar resepsi pernikahan putrinya.

"Kami mau ke kondangan karena Pak Wali Kota (Makassar) mengantarkan undangan ke rumah saya di Semarang," ujarnya.

Pengamat dari Universitas Hananuddin (Unhas) Hasrullah yakin pertemuan kedua tokoh ini lebih dari itu. Apalagi dia melihat baik Ganjar maupun Amran sama-sama merupakan pasangan yang klop.

"Realitas politik Indonesia hingga saat ini memang masih kental dengan persoalan keterwakilan wilayah. Ini menjadi bagian yang sangat politik integrasi kebangsaan kita," katanya.

Berita Terkait : Tingkatkan Akses Pangan Berkualitas, Pasar Mitra Tani Kalbar Hadirkan Gelar Pangan Murah

Hasrullah melanjutkan, di wilayah Timur Indonesia, nama Amran memang telah populer sebagai figur yang mewakili Kawasan Timur Indonesia. Ini pula yang diyakininya akab menjadi penentu besar dalam peta konstelasi pasangan Pilpres 2024.

"Karena suara Kawasan Timur Indonesia tak bisa dipungkiri menjadi penentu dalam setiap pertarungan Pilpres," ujarnya.

Lebih lanjut, Hasrullah menilai sosok Amran yang selama menjabat Menteri Pertanian dengan prestasi yang cemerlang, pernah bersama PDIP memenangkan Jokowi di Indonesia Timur serta saat ini tengah menjabat sebagai ketua IKA Unhas.

"Dengan begitu, tidak mengherankan bila AAS menjadi harapan suara Indonesia Timur dengan sejarah keberpihakannya terhadap nasib masyarakat di Indonesia Timur. Jadi pasangan ini memang klop karena saling melengkapi serta punya kekuatan basis politik masing-masing," ujarnya.

Berita Terkait : Tingkatkan Akses Pangan Berkualitas, Pasar Mitra Tani Kalbar Gelar Pangan Murah

Hal senada dilontarkan pengamat politik dan pemerintahan Universitas Hasanuddin (Unhas), Andi Lukman Irwan. Dia yakin duet Ganjar dan Amran akan saling melengkapi. Dengan latar belakang Andi Amran sebagai pengusaha sukses menurutnya akan sangat bisa menopang kekuatan Ganjar yang lebih menguasai politik pemerintahan.

"Secara akademik, kekuatan dan kemampuan duet ini sangat menjanjikan. Keduanya saling melengkapi dari segi ekonomi, politik, dan pemerintahan. Saya kira pasangan ini paling ideal di Pilpres 2024," tegasnya. [FAQ]