Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Jokowi Dan Megawati King Maker, Pengamat Sebut Prabowo-Puan Potensial Di Pilpres 2024

Rabu, 11 Mei 2022 11:40 WIB
Prabowo Subianto dan Puan Maharani/Ist
Prabowo Subianto dan Puan Maharani/Ist

RM.id  Rakyat Merdeka - Pengamat politik dari UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Robi Sugara menilai, Presiden Jokowi dan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri akan berperan penting dalam pertarungan Pilpres 2024

“Keduanya (Jokowi-Megawati) king maker,” ucap Robi, Selasa (10/5).

Menurut Robi, keduanya memiliki kemampuan politik untuk menentukan penentu, siapa pasangan calon presiden dan wakil presiden pada 2014.

"Jokowi sebagai Presiden dua periode yang diusung PDIP memiliki pendukung militan, dan sudah tentu pendapat Presiden akan sangat dipertimbangkan dalam penentuan pasangan calon yang diusung banteng pada Pilpres 2024," kata Robi.

Baca juga : Herman Deru Pengen Putra Terbaik Sumatera Jadi Capres Atau Cawapres Di Pilpres 2024

Sementara itu, Megawati sebagai Ketua Umum PDIP selain memiliki suara terbanyak dalam pemilu kemarin, partai ini memiliki pengikut yang ideologis dan satu komando.

Robi menilai, pilihan rasional secara politik dari dua king maker ini adalah memadukan antara Prabowo Subianto-Puan Maharani dalam pilpres 2014. 

“Dua pasangan ini sangat berpeluang," ungkap Robi.

Bagi Jokowi, Prabowo dan Puan adalah orang dekat yang pernah menjadi anak buahnya. Sebelum menjabat sebagai Ketua DPR, Puan menjabat Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan pada kepemimpinan pertama Presiden Jokowi, 2014-2019. 

Baca juga : Safari Politik Prabowo Di Jatim Perbesar Potensi Kemenangan Di Pilpres 2024

"Boleh dikatakan Jokowi puas dengan kinerja Puan, karena dia terus dipakai sampai akhir masa jabatan periode pertama. Puan tak dipilih lagi sebagai menteri karena terpilih sebagai Ketua DPR," kata Robi.

Sementara, Prabowo adalah Menteri Pertahanan di kabinet Presiden Jokowi saat ini. Meski Jokowi dan Prabowo pernah bertarung sengit di Pilpres 2014 dan 2019, namun hubungan keduanya tetap terjalin baik. 

"Pilpres 2024 adalah waktu yang pas bagi Jokowi yang tak bisa mencalonkan lagi, untuk memberikan kesempatan bagi Prabowo," katanya. 

Selain itu, Robi melihat sosok Prabowo-Puan jika nanti memenangi pemilu, maka tak perlu diragukan program-program Jokowi akan tetap berjalan. Salah satunya, megaproyek pembangunan Ibu Kota Nusantara di Kalimantan. 

Baca juga : Polisi Dan Militer Siaga Penuh Amankan Pilpres Filipina 2022

Bagi Megawati, lanjut Robi, mengusung Puan yang tak lain adalah putrinya, tentu pilihan paling logis. Tak ada kader PDIP lain selain Puan yang saat ini layak diusung di Pilpres 2024. 

Diusungnya Puan bisa melanjutkan tradisi keluarga Soekarno sebagai pemimpin bangsa ini.

"Namun, tentu saja tak sekadar punya trah Soekarno, Puan juga layak diusung karena sudah berpengalaman sebagai menteri hingga Ketua DPR," katanya. [REN]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.