Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Mulai Transisi Ke Endemi

Indonesia Siap Keluar Dari Darurat Covid-19

Kamis, 12 Mei 2022 06:45 WIB
Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19 Prof. Wiku Adisasmito. (Foto: Dzikra -Satgas Penanganan Covid-19).
Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19 Prof. Wiku Adisasmito. (Foto: Dzikra -Satgas Penanganan Covid-19).

RM.id  Rakyat Merdeka - Indonesia memasuki fase baru pengendalian Covid-19. Yakni, masuk transisi menuju endemi. Kita tidak lagi dalam fase kedaruratan pandemi Covid-19.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito mengungkapkan, fase transisi endemi didukung dengan situasi Covid-19 nasional yang semakin membaik. Dalam waktu beberapa pekan terakhir, di tengah masa mudik dan libur Lebaran 2022, kasus Covid-19 tetap terkendali.

“Sebagaimana tertera pada data Covid-19 terkini, tampak penurunan tren angka kasus Covid, perawatan di rumah sakit, termasuk layanan intensif dan kematian akibat virus Corona,” ungkap Wiku.

Baca juga : Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Melewati Korsel Dan China

Selain itu, kabar membaiknya situasi Covid juga terlihat dari tingkat hunian tempat tidur di rumah sakit dan perilaku masyarakat. Bahkan, mobilitas tinggi masyarakat, terutama selama libur Lebaran juga mendongkrak pemulihan ekonomi.

“Bisa dikatakan, saat ini Indonesia sudah tidak lagi berada dalam kondisi kedaruratan dalam merespons pandemi Covid-19 dan mulai bertransisi menuju fase endemi,” papar Wiku.

Walaupun Indonesia memasuki transisi endemi, Wiku mengingatkan, pengendalian Covid-19 terus dilakukan dengan menyesuaikan situasi terkini. Pengawasan terhadap varian virus Corona dan perkembangan Covid-19 global juga terus dipantau.

Baca juga : Tumbuh 5 Persen, BI: Ekonomi Indonesia Terus Membaik

Dia mengatakan, pengendalian dan pengawasan menjadi landasan kuat Pemerintah tidak gegabah. Supaya, pertahanan yang dilakukan berbulan-bulan pasca-lonjakan kasus Covid-19 terakhir, dapat bertahan dalam jangka waktu panjang.

Juru Bicara Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Siti Nadia Tarmizi mengatakan, Pemerintah terus mematangkan road map atau peta jalan menuju endemi yang masih dibahas bersama para ahli. Salah satu indikator yang menjadi pertimbangan, yakni adanya kasus yang terkendali.

“Indikatornya, PPKM pada level transmisi terendah selama rentang waktu 6 bulan,” jelas Nadia.

Baca juga : Bamsoet Pede, Indonesia Masuk Peringkat 5 Kekuatan Ekonomi Dunia

Dia mengatakan, penentuan status dari pandemi ke endemi tetap diputuskan Badan Kesehatan Dunia (WHO). “Dalam artian, tidak bisa satu negara memutuskan status pandemi sendiri,” ujar dia.

Akun @rahmathidayah707 mengatakan, keluarnya Indonesia dari fase kedaruratan Covid-19 dan menuju endemi merupakan buah dari kerja keras Pemerintah dan dibantu ketaatan masyarakat.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.