Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Mulai Transisi Ke Endemi

Indonesia Siap Keluar Dari Darurat Covid-19

Kamis, 12 Mei 2022 06:45 WIB
Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19 Prof. Wiku Adisasmito. (Foto: Dzikra -Satgas Penanganan Covid-19).
Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19 Prof. Wiku Adisasmito. (Foto: Dzikra -Satgas Penanganan Covid-19).

 Sebelumnya 
“Syukurlah Covid-19 ini akan segera berakhir,” kata @rusli.gokil.98. “Puji Tuhan. Semoga segera membaik,” timpal @rara_fauzia21. “Akhirnya berakhir sudah Covid-19,” tambah @tio_fernandes_atmaja. “Bismillah, semuanya sehat,” kata @nursaimanfathir.

Akun @evelyn_rediawan siap membantu Pemerintah mensukseskan transisi pandemi ke endemi. Caranya, dengan tetap memakai masker. “Aku sudah kebiasaan pakai masker kalau keluar rumah. Nggak pakai masker serasa buka aurat,” ujarnya.

Akun @ockyharmo menjelaskan, transisi berarti persiapan menuju. Dalam situasi tersebut, dia berharap, positivity rate dan tingkat kematian terus melandai, bahkan di bawah 1 persen.

Baca juga : Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Melewati Korsel Dan China

“Perlu upaya bersama untuk beralih dari pandemi ke endemi dengan tetap menjaga protokol kesehatan di mana pun berada,” kata @MajuMedan.

Akun @herman.suroso berharap Pemerintah konsisten menerapkan 3T (tracing, testing, treathment), prokes dan vaksinasi. “Dengan begitu, harapan benar-benar bisa beraktivitas dengan normal dapat terealisasi,” katanya.

“Kalau kondisi masih pandemi dan belum sampai pada titik endemi, maka ikuti saja aturan Pemerintah,” ujar @el_ehek.

Baca juga : Tumbuh 5 Persen, BI: Ekonomi Indonesia Terus Membaik

Akun @vhk_vany mengingatkan masyarakat tetap menerapkan protokol kesehatan walau nanti Indonesia sudah masuk fase endemi. Pasalnya, ketika status pandemi berubah menjadi endemi, semua biaya rumah sakit tidak lagi ditanggung Pemerintah.

“Semua biayanya jadi aduhai mahalnya. Better safe than sorry soalnya,” katanya.

Akun @thepan316 ragu Indonesia bisa melewati masa transisi ke endemi secara mulus. Soalnya, kualitas orang-orang Indonesia rata-rata egois dan suka pakai masker di dagu. “Mustahil,” katanya. “Di kantor saya sudah pada malas pakai masker. Kalau kepergok pengawas baru dipakai lagi,” timpal @sripurwaniyuli.

Baca juga : Bamsoet Pede, Indonesia Masuk Peringkat 5 Kekuatan Ekonomi Dunia

Akun @danny318906 menunggu Pemerintah mengeluarkan kebijakan terbaru. Pertama, terkait penggunaan masker selama masa transisi. Kedua, Indonesia benar-benar masuk fase endemi.

“Ditunggu kabar bebas masker dan Covid-19 sudah selesai ya pak,” ujarnya.

Seharusnya, kata @moh.ahidin, Indonesia sudah boleh lepas masker. Dia ingin melihat wajah orang-orang tersenyum dengan ikhlas karena sudah meninggalkan masa kedaruratan pandemi Covid-19. [ASI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.