Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Arus Balik Aman Dan Lancar, Hima Persis Apresiasi Kinerja Pemerintah Dan Polri

Kamis, 12 Mei 2022 13:58 WIB
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo saat meninjau arus balik di Pelabuhan Bakauheni. (Foto: Antara)
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo saat meninjau arus balik di Pelabuhan Bakauheni. (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Arus mudik dan balik Lebaran 2022 menjadi salah satu tantangan besar masyarakat. Apalagi, dengan pintu mudik yang dibuka secara resmi oleh Presiden Jokowi setelah dua tahun ditiadakan akibat pandemi, membuat antusiasme masyarakat amat tinggi untuk pulang kampung. Tak heran jika arus mudik tahun ini menjadi yang terpadat di sepanjang sejarah.

Arus balik Lebaran juga sempat menjadi sorotan beberapa pihak. Untungnya, arus balik yang diprediksi bakal memuncak pada 7-8 Mei kemarin, terlihat aman dan terkendali.

Keberhasilan pengaturan arus balik ini merupakan hasil kerja sama Pemerintah dan masyarakat. Upaya keras dan maksimal pihak Kepolisian juga menjadi salah satu penyebab tidak menumpuknya para pemudik di arus balik kemarin.

Baca juga : Arus Mudik Aman, Kinerja Polri Dan Pemerintah Diacungi Jempol

Himpunan Mahasiswa Persatuan Islam (Hima Persis) turut berbahagia dan mengapresiasi kinerja Pemerintah, terutama Presiden Jokowi, dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo yang telah berkerja keras dan cerdas dalam menangani ini. Kebijakan one way di beberapa arus tol dan pengaturan lalu lintas di beberapa pelabuhan terbukti mampu mengurangi kemacetan lalu lintas.

"Jauh-jauh hari kami turut memantau kondisi kemacetan mudik ini. Upaya keras Kapolri saya rasa perlu kita apresiasi dalam mengatasi kemacetan arus balik mudik Lebaran tahun ini. Pengaturan satu arah di (jalan) tol, pengaturan di (Pelabuhan) Bakaheuni terlihat sukses mengendalikan arus mudik kali ini," ucap Ketua Umum PP Hima Persis Ilham Nurhidayatullah, Kamis (12/5).

Selanjutnya, kata Ilham, usulan Kapolri terkait kerja dari rumah alias work from home (WFH) di pekan awal setelah libur Lebaran kepada beberapa instansi pemerintah maupun swasta juga dianggap selain mampu mengurangi kemacetan pada arus balik. Juga dapat mengurangi persebaran Covid-19 yang kini diduga tengah naik di beberapa negara.

Baca juga : Mudik Lancar Dan Aman, Bamsoet Puji Polri Dan Pemerintah

"Ide untuk WFH pada sepekan awal pascamudik juga cukup bagus mengurangi kepadatan di jalan serta menjadi upaya antisipasi yang bagus dari Covid-19," ujar Ilham.

Ilham melanjutkan, pembangunan infrastruktur yang selama beberapa tahun terakhir menjadi salah satu fokus pemerintahan Presiden Jokowi sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Pembangunan jalan tol di beberapa daerah serta peningkatan kuantitas dan kualitas pelabuhan serta bandara udara juga turut mempermudah akses mudik kali ini.

"Kerja keras pemerintah, Presiden Jokowi dan jajarannya terkait peningkatan infrastruktur jalan, pelabuhan dan bandara benar-benar dirasakan manfaatnya oleh masyarakat saat ini," tutup Ilham. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.