Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Agar Arus Balik Lancar, Polisi Tutup Rest Area Yang Padat

Jumat, 6 Mei 2022 20:01 WIB
Penutupan rest area. (Foto: Dok. Jasa Marga)
Penutupan rest area. (Foto: Dok. Jasa Marga)

RM.id  Rakyat Merdeka - Polisi akan menutup sementara jalur menuju rest area yang dilanda kepadatan saat penanganan arus balik Lebaran 2022. Demikian ditegaskan Wakapolri Komjen Gatot Eddy Pramono, di Gerbang Tol (GT) Palimanan, Jumat (6/5).

Gatot mengatakan, hal ini akan dilakukan untuk mengurai titik kemacetan di jalan tol jika terjadi kepadatan, yang salah satunya disebabkan kepadatan di rest area. "Rest area yang terjadi kepadatan di tutup sementara, supaya arusnya bisa berjalan. Masyarakat yang berhenti di bahu jalan akan kita arahkan untuk melanjutkan perjalanan, sehingga arusnya bisa berjalan," ujar Gatot, seperti dikutip Antara.

Baca juga : Arus Balik Lebaran, Polisi Terapkan Lawan Arus Di Jalur Nagreg

Selain menutup rest area yang dilanda kepadatan, Polisi menyiapkan tiga tindakan lainnya untuk menanggulangi kemacetan yang terjadi pada arus balik lebaran tahun ini. Pertama, Polisi menyiapkan tim yang bertugas untuk mengurai kemacetan di jalan tol serta jalan arteri.

"Apabila ada titik kemacetan di sana, tim urai ini akan bergerak untuk mengurai lalu lintas supaya bisa lancar kembali," terang Gatot.

Baca juga : Pantau Arus Balik Lebaran, BNPB Pastikan Prokes Di Rest Area Berjalan Aman

Kedua, Polisi menyiapkan mobil-mobil derek yang bertugas untuk menarik kendaraan roda empat yang membuat kemacetan di jalan tol maupun arteri. Ketiga, Polisi mempertebal anggota di titik kemacetan agar lalu lintas bisa berjalan lancar.

"Kami akan bekerja secara optimal, secara terus-menerus. Agar masyarakat kembali dari mudik bisa lancar semua, mereka merasa aman, nyaman dan sehat sampai ke rumahnya masing-masing," jelas Gatot.

Baca juga : Sistem Buka Tutup Rest Area Diterapkan Pada Arus Balik

Pada Kamis (5/5), tercatat 123 ribu kendaraan telah melalui Jalan Tol Palimanan. Kemudian, pada Jumat (6/5), sejak pukul 06.00 hingga 14.00 WIB, tercatat telah dilalui 85 ribu kendaraan. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.