Dark/Light Mode

8 Minggu Covid Terkendali

KSP: Skema Pandemi Berakhir Semakin Dekat

Jumat, 13 Mei 2022 12:58 WIB
8 Minggu Covid Terkendali KSP: Skema Pandemi Berakhir Semakin Dekat

RM.id  Rakyat Merdeka - Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP) Abraham Wirotomo menyatakan, skema pasca pandemi semakin dekat. Terlebih, situasi Covid-19 terus terkendali dalam delapan minggu terakhir.

"Sejak 24 Maret hingga 12 Mei atau selama delapan minggu, angka reproduction rate konsisten di angka 1. Ini artinya, selama 8 minggu, pandemi Covid-19 sudah terkendali. Skema pandemi berakhir semakin dekat," tegas Abraham, di Gedung Bina Graha Jakarta, Jumat (13/5).

Meski demikian, pemerintah masih tetap menerapkan kebijakan PPKM, dan terus memonitor angka kasus hingga beberapa minggu ke depan. Demi memastikan ada tidaknya lonjakan kasus.

Baca juga : Menkominfo: Mudik Terkendali, Momentum Pandemi Menuju Endemi

"Ini dilakukan karena kita baru saja merayakan Lebaran, dengan jumlah pemudik yang luar biasa besar," terang Abraham.

"Indikator epidemiologi dan masukan para pakar selalu menjadi bagian dalam pengambilan kebijakan," tambahnya.

Abraham kembali mengingatkan masyarakat, untuk tidak tergesa-gesa mengendorkan protokol kesehatan. Sembari menunggu hasil evaluasi penanganan Covid-19, pasca mudik lebaran.

Baca juga : Jumlah Kasus Aktif Di Jakarta Berkurang 39 Kasus

"Prokes jangan sampai kendor. Jangan sampai, masa kelam pandemi terulang. Kalau bisa, kita sama-sama akhiri pandemi di tahun ini, dan fokus pada pemulihan ekonomi," pesannya.

Abraham juga menegaskan, meski pandemi nanti akan berakhir, bukan berarti Covid-19 hilang.

Berakhirnya pandemi, menurutnya, menunjukkan laju penularan benar-benar sudah terkendali. Sehingga, pemerintah tidak perlu lagi memberlakukan kegiatan masyarakat dalam skala besar.

Baca juga : Ketum Hiwasi Terima Penghargaan Dari Senator DKI

Dalam kesempatan itu, Abraham mengaku optimis, bahwa prospek penanganan Covid-19 ke depan semakin baik.

"Apalagi, hasil monitoring lapangan KSP menunjukkan, masyarakat semakin paham gejala Covid-19 dan tahu apa yang harus dilakukan jika bergejala," tutupnya. [HES] 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.