Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Menkominfo: Mudik Terkendali, Momentum Pandemi Menuju Endemi

Senin, 9 Mei 2022 18:35 WIB
Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate. (Foto: Istimewa)
Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate mengatakan, mudik Lebaran dan Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah merupakan momentum berakhirnya pandemi Covid-19.

Buktinya, meskipun di tengah Pandemi Covid-19, namun aktivitas masyarakat berjalan dengan baik dan lancar.

"Ini hasil capaian yang luar biasa dari kita sebagai bangsa di bawah kepemimpinan Bapak Presiden Joko Widodo dalam pengendalian pandemi Covid-19. Sehingga menjelang bulan Ramadan dan pada saat kita merayakan Idul Fitri, pandemi Covid-19 terkendali dengan baik," ujarnya dalam Temu Keluarga Besar Kominfo yang berlangsung hybrid dari Kantor Kementerian Kominfo, Jakarta Pusat, Senin (9/5).     

Baca juga : Menkominfo: Penghentian Tetap Siaran TV Analog Tahap I Mulai Besok

Johnny juga mengapresasiasi masyarakat yang mudik dan melaksanakan silaturahmi bersama keluarga yang tetap disiplin menjaga protokol kesehatan dan menjaga kelancaran perjalanan mudik.                

"Saya tentu berharap bahwa mudik kali ini menjadi indikator penting Indonesia berhasil mengendalikan pandemi dan sebagai awal dari pengakhiran pandemi, awal dari kita menuju situasi lingkungan endemi Covid-19 di Indonesia dan di dunia," harapnya.                

Menkominfo menegaskan, di tengah situasi pandemi Covid-19 dan awal dari akhirnya pandemi, masyarakat telah diberi kesempatan yang luas untuk melepas rindu bersilaturahmi dengan keluarga, kerabat, handai-tolan di kampung halaman.

Baca juga : Mudik Lebaran Jadi Momentum Transisi Menuju Endemi

"Hari ini juga kita akan melaksanakan halal bi halal keluarga besar Kominfo yang berarti kita bersilaturahmi dan saling memaafkan satu sama lain, dengan harapan dihapuskan dosa-dosa antar sesama kita. Sekali lagi, silaturahmi adalah saling memaafkan dan saling menghapus dosa, saling memaafkan, dan saling membangun silaturahmi baru," tandasnya.                

Sekjen Kementerian Kominfo, Mira Tayyiba mengatakan, silaturahmi dalam bingkai halal bihalal sesungguhnya sejalan dengan salah satu tugas Kementerian Kominfo, yaitu connect the unconnected. Namun demikian, perlu disadari bahwa menyediakan akses internet saja tidak cukup.                

"Kita harus mengambil beberapa langkah lebih maju seperti meningkatkan literasi dan kecakapan digital, serta menjaga ruang digital dari hoaks dan konten negatif demi mewujudkan pemanfaatan teknologi digital yang tidak saja inklusif tetapi juga lebih produktif dan lebih bermakna," tuturnya.                

Baca juga : Jelang Mudik Lebaran, Danone Indonesia Gelar Sentra Vaksin di Kabupaten Bekasi

Mira mengharapkan, semangat silaturahmi dapat menjadi energo dalam menyelesaikan program kerja Kementerian Kominfo.

"Saya berharap silaturahmi yang dilaksanakan hari ini meskipun secara sederhana dapat tetap bermakna sesuai dengan keutamaannya. Sehingga energi positif dan keriang-gembiraan setelah berkumpul dengan keluarga di hari fitri terus dibawa dalam bekerja menyelesaikan berbagai program kerja dan target," pungkasnya. [OSP]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.