Dewan Pers

Dark/Light Mode

Polda Kalteng Tingkatkan Kemampuan Personel Di Bidang Pertambangan & Hutan

Kamis, 19 Mei 2022 09:05 WIB
Kasubdit Tipiter Ditreskrimsus Polda Kalteng, Kompol Martuasah H Tobing (tengah) menggelar Coaching Clinic untuk meningkatkan kemampuan personel dalam penyidikan di bidang pertambangan, perkebunan dan Pemegang Hak Pengusahaan Hutan (HPH) Rabu (18/5).
Kasubdit Tipiter Ditreskrimsus Polda Kalteng, Kompol Martuasah H Tobing (tengah) menggelar Coaching Clinic untuk meningkatkan kemampuan personel dalam penyidikan di bidang pertambangan, perkebunan dan Pemegang Hak Pengusahaan Hutan (HPH) Rabu (18/5).

RM.id  Rakyat Merdeka - Ditreskrimsus Polda Kalimantan Tengah (Kalteng) melalui Subdit Tindak Pidana Tertentu (Tipiter) menggelar Coaching Clinic pada Rabu (18/5).

Kegiatan dengan Tema “Penanganan Tindak Pidana di Bidang Pertambangan Minerba dan Perkebunan” dilakukan untuk meningkatkan kemampuan personel dalam penyidikan di bidang pertambangan, perkebunan dan Pemegang Hak Pengusahaan Hutan (HPH). 

Berita Terkait : Jalin Komunikasi Dengan Berbagai Pihak, PLN Serius Dorong Pengembangan PLTS Atap

Kegiatan yang berlangsung di Aula Rapat Ditreskrimsus Polda Kalteng di hadiri narasumber dari Kasi Dishut Provinsi Kalteng, Marsinus, Dirtekling Ditjen Minerba Kementerian ESDM, Kasubdit Tipiter Ditreskrimsus Polda Kalteng Kompol, Martuasah H Tobing.

Pelatihan dan sharing ilmu pengetahuan ini juga diikuti para Kasat Reskrim se-Polda Kalteng.

Berita Terkait : Terima Dubes RRT, Wapres Tingkatkan Kerja sama Perdagangan

"Klinik pelatihan ini merupakan tindak lanjut perintah Kapolda Kalteng Irjen Pol Nanang Avianto agar seluruh penyidik mempunyai persamaan visi, misi, pola pikir dan pola tindak dan profesional sesuai dengan aturan dan SOP dalam menjalankan tugasnya sebagai pelindung, pengayom, pelayan masyarakat serta penegak hukum," kata Kasubdit Tipiter Ditreskrimsus Polda Kalteng, Kompol Martuasah H Tobing dalam keterangannya kepada Rakyat Merdeka, Kamis (19/5). 

Di sisi lain, kata Martuasah, Klinik Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan bekal pengetahuan dan peningkatan sumber daya manusia kepada seluruh Kasat Reskrim Polres jajaran Polda Kalteng dan personel Subdit Tipiter Ditreskrimsus Polda Kalteng dalam proses penyidikan di bidang pertambangan, perkebunan dan HPH.

Berita Terkait : Diskusi Kemendagri: DOB Percepat Pembangunan di Papua

“Dengan demikian semua proses penyelidikan dan penyidikan dapat dilakukan secara profesional. Jika ada ditemukan dugaan pelanggaran, baik itu pelanggaran administrasi, pidana dan potensi pengembalian kerugian negara dalam bidang minerba dan perkebunan juga kehutanan,” ujarnya. 

Kegiatan Coaching Clinic ini ditutup oleh Wadirkrimus Polda Kalteng AKBP Dodo Hendro Kusama yang dilanjutkan dengan foto bersama para Kasat Reskrim se-Polda Kalteng.