Dark/Light Mode

Jadi Pembicara Dialog Kebangsaan Kongres KNPI XVI

Gubernur Malut: Semua Agama Adalah Rakyat Saya

Kamis, 19 Mei 2022 10:48 WIB
Dialog Kebangsaan di hari keempat Kongres XVI Pemuda/KNPI di Ballroom Hotel Royal, Ternate, Maluku Utara, Kamis (18/5). (Foto: Istimewa)
Dialog Kebangsaan di hari keempat Kongres XVI Pemuda/KNPI di Ballroom Hotel Royal, Ternate, Maluku Utara, Kamis (18/5). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sejumlah tokoh menjadi pembicara Dialog Kebangsaan di hari keempat Kongres XVI Pemuda/KNPI di Ballroom Hotel Royal, Ternate, Maluku Utara, Kamis (18/5).

Para tokoh itu yakni, Gubernur Maluku Utara, Abdul Gani Kasuba dan Wakil Asisten Teritori KASAD, Brigjen TNI Mateus Jangkung Widyanto

"Jika tidak bisa berkeliling ke setiap wilayah untuk bertemu rakyat maka layani setiap rakyat yang berkunjung ke kantor gubernur, Jika kepala dinas tidak melayani rakyat maka sama saja kepala dinas mengolok gubernur yang dipilih rakyat," tutur Abdul Gani Kasuba dalam ceramahnya dihadapan ratusan peserta kongres.

Baca juga : Haris Pertama Calon Tunggal Kongres KNPI Ternate

Abdul Gani Kasuba yang dikenal alim di kalangan politisi, melanjutkan paparannya dengan cerita perbedaan sebagai pendakwah dan Kepala Daerah.

"Di saat saya menjadi ustad maka saya hanya fokus dakwah agama Islam sebagai agama saya, tetapi pada saat saya menjadi gubernur semua agama adalah rakyat saya," papar Abdul Gani Kasuba.

Waaster Kasad, Brigjen TNI Mateus Jangkung menekankan, pentingnya pemuda agar peduli dan cinta pada bangsanya dengan peka terhadap situasi lingkungan di sekitarnya.

Baca juga : Perkuat Pemberantasan Korupsi, KPK Terima 43 Jaksa Baru

"Kalau kita sudah jadi bagian dari NKRI ayo kita bersama, mengelola bangsa ini bersama KNPI saya yakini menuju NKRI yang damai dan sejahtera," papar Brigjen TNI Mateus Jangkung, Alumnus Akademi Militer 1989.

Mateus Jangkung menekankan, pentingnya pemuda memiliki kepekaan terhadap lingkungannya.

"Laut yang begitu luas menjadi sarana bagi kejahatan untuk mencuri, disinilah peran penting pemuda sebagai bagian masyarakat. Respon dan tindak aksi pencurian tersebut dengan melaporkan kepada aparat terdekat untuk mengatasi masalah tersebut,"  jelas Mateus Jangkung.

Baca juga : Puan: Mungkin Saja

Ketua Umum DPP KNPI, Haris Pertama yang mendampingi acara dialog kebangsaan tersebut mengucapkan apresiasi dan terimakasih kepada narasumber.

"Gubernur Maluku Utara dan Waaster Kasad sudah berikan wejangan kepada kita para pemuda, mari kita tingkatkan semangat persatuan dan kecintaan terhadap bangsa dan negara dengan pro aktif berbuat yang terbaik untuk rakyat," tutup Haris. (MRA)

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.