Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Wapres Berikan Santunan Bagi Keluarga Peserta BP Jamsostek Di Kendari

Jumat, 20 Mei 2022 16:04 WIB
Wakil Presiden Maruf Amin menyerahkan santunan kematian dan manfaat beasiswa pendidikan sebesar Rp 1,26 miliar kepada lima ahli waris atau keluarga peserta BP Jamsostek) yang meninggal, di Kendari, Kamis (19/5). (Foto: Ist)
Wakil Presiden Maruf Amin menyerahkan santunan kematian dan manfaat beasiswa pendidikan sebesar Rp 1,26 miliar kepada lima ahli waris atau keluarga peserta BP Jamsostek) yang meninggal, di Kendari, Kamis (19/5). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Presiden Ma'ruf Amin menyerahkan santunan kematian dan manfaat beasiswa pendidikan sebesar Rp 1,26 miliar kepada lima ahli waris atau keluarga peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BP Jamsostek) yang meninggal akibat kecelakaan kerja.

Wapres didampingi Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah dan Direktur Utama BP Jamsostek Anggoro Eko Cahyo saat kunjungan kerjanya di Panti Sosial Meohai, Kendari, Sulawesi Tenggara, Kamis (19/5) kemarin. 

Santunan yang diserahkan Ma'ruf terdiri dari santunan kematian akibat kecelakaan kerja (JKK), manfaat Jaminan Pensiun (JP), Jaminan Hari Tua (JHT) dan manfaat beasiswa. Menurut data BP Jamsostek, total pembayaran manfaat kepada peserta dari seluruh program selama April 2021-April 2022 di Sulawesi Tenggara (Sultra) senilai Rp 205,5 miliar dengan jumlah kasus sebanyak 18,6 ribu kasus.

Baca juga : Telkom Berikan Bantuan Digitalisasi Pendidikan Di SMA & SMK Tarutung

"Terima kasih kepada BP Jamsostek dalam menyelenggarakan jaminan sosial," kata Wapres dalam sambutannya selepas menyerahkan santunan dikutip Jumat (20/5).

Direktur Utama BP Jamsostek Anggoro Eko Cahyo mengatakan, penyerahan santunan ini merupakan bentuk hadirnya negara dalam memberikan kepastian akan jaminan sosial kepada seluruh pekerja Indonesia.

"Kami bersama Wapres Ma'ruf Amin menyerahkan santunan kepada 5 ahli waris/keluarga peserta BP Jamsostek yang mendapatkan hak jaminan sosial berupa santunan program JKK, JHT dan JP serta manfaat beasiswa pendidikan anak," katanya.

Baca juga : Nirina: Keluarga Cemara 2 Wakili Keresahan Emak-Emak

Anggoro mengucapkan terima kasih atas dukungan dari Pemerintah pusat dan daerah, serta kesadaran yang tinggi dari perusahaan atau badan usaha dalam mendaftarkan tenaga kerjanya menjadi peserta BP Jamsostek.

"Seperti apa yang diinstruksikan Presiden Joko Widodo, tentu keterlibatan seluruh pihak akan sangat membantu percepatan tercapainya universal coverage, yang artinya seluruh pekerja di Indonesia akan terlindungi dari risiko-risiko sosial yang mungkin terjadi," tuturnya.

Anggoro mengungkapkan, jumlah tenaga kerja yang terlindungi BP Jamsostek di Sultra per April 2022 masih berada pada kisaran 28 persen.

Baca juga : Kemendikbudristek Minta Peran Aktif Peserta Dalam Pertemuan Kedua EdWG G20

"Kami mengajak seluruh pekerja dan pemberi kerja untuk memastikan dirinya terlindungi program jaminan sosial ketenagakerjaan, karena dengan memiliki perlindungan, pekerja dapat bekerja dengan tenang yang berujung pada masyarakat Sulawesi Tenggara lebih produktif dan sejahtera," imbaunya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.