Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Harlah Ke-51, Hikmahbudhi Ajak Kader Bumikan Pancasila

Minggu, 29 Mei 2022 12:43 WIB
Foto: Ist.
Foto: Ist.

RM.id  Rakyat Merdeka - Peringatan Hari Lahir (Harlah) ke-51 Himpunan Mahasiswa Buddhis Indonesia (Hikmahbudhi) yang jatuh pada 16 Mei 2022, digelar di Jakarta, Sabtu (28/5) malam.

Ketua Umum Presidium Pusat Hikmahbudhi Wiryawan mengaku sangat gembira dengan peringatan harlah tahun ini yang bertemakan "Komitmen Kebangsaan Bumikan Pancasila".

"Tepat pada tanggal 16 Mei yang lalu Hikmahbudhi berusia 51 tahun momen yang sangat membahagiakan tentunya, karena di usia yang ke-51 tahun bertepatan dengan purnama sidi di bulan Waisak 2566 BE," ujar Wiryawan dalam pidatonya.

Baca juga : 10 Ribuan Kader PKS Mau Putihkan Senayan

Menurutnya, momen tersebut merupakan sebuah keberkahan, yang diharapkan agar bisa berlanjut. Momen ini, bukan hanya menjadi berkah untuk Hikmahbudhi semata, tetapi juga untuk kalangan masyarakat yang lebih luas dan tentunya semua makhluk yang ada di alam semesta.

Menurut Wiryawan, umur 51 tahun merupakan usia organisasi yang sangat matang. Di mana, Hikmahbudhi bisa tetap terus eksis baik untuk komunitas maupun bangsa.

"Setengah abad lebih kita berkiprah tentu bukan waktu yang singkat. Perjuangan para perintis dan pendiri organisasi serta pendahulu juga tidak boleh kita lupakan. Tanpa beliau-beliau semua organisasi ini bisa saja terhenti kala itu. Tetapi semangat yang diwariskan oleh para senior tetap membara di hati kami sehingga proses regenerasi dan kaderisasi di Hikmahbudhi tetap berjalan sampai detik ini," ujarnya.

Baca juga : Lantik PAW Anggota MPR, Bamsoet Ajak Rawat Nilai-nilai Pancasila

Dia menuturkan, pekikan semangat perjuangan appamadena sampadetha atau berjuanglah dengan sungguh-sungguh, menjadi jargon kuat dan penyemangat Hikmahbudhi dalam berjuang. Penggalan mars Hikmahbudhi yakni "Tak Tergoyahkan Hempasan Gelombang" juga masih melekat di sanubari mereka.

"Sehingga semangat, tekad dan idealisme yang merupakan harta paling berharga yang dimiliki oleh kader-kader Hikmahbudhi masih tetap terjaga. Karena tanpa semangat, tekad dan idealisme tentu nilai perjuangan akan berubah haluan," ungkap Wiryawan.

Dia juga menilai, tema harlah tahun ini sangat relevan dengan kondisi kekinian. Pancasila yang merupakan dasar negara, menurut dia harus terus dibumikan dan merupakan sesuatu yang sudah final serta tidak bisa diganggu gugat lagi.

Baca juga : Puteri Ajak Perempuan Maksimalkan Dana Desa

Sebab, dengan adanya Pancasila, negara bisa bersatu dan berdaulat baik untuk memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan sampai saat ini.

"Beberapa hari ke depan kita akan memperingati Hari Lahir Pancasila tepatnya pada tanggal 1 Juni. Tentunya kita berharap dengan adanya momentum tersebut dapat memperkuat dan memperkokoh persatuan bangsa," paparnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.