Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Surya Paloh-Prabowo Ketemu, Penjajakan Koalisi Semakin Intensif

Jumat, 3 Juni 2022 07:25 WIB
Prabowo Subianto bersama Puan Maharani/Ist
Prabowo Subianto bersama Puan Maharani/Ist

RM.id  Rakyat Merdeka - Direktur Eksekutif Institute for Democracy and Strategic Affairs (Indostrategic) A Khoirul Umam menganggap pertemuan Surya Paloh dengan Prabowo Subianto upaya menghadapi kontestasi Pemilu 2024. Artinya, penjajakan koalisi menuju Pilpres 2024 akan makin intensif.

"Pertemuan kedua hari ini jelas bukan pertemuan seremonial. Besar kemungkinan terkait penjajakan koalisi menuju 2024," ungkap Umam, Kamis (2/6).

Meski demikian, Umam menilai potensi koalisi Nasdem dan Gerindra relatif kecil. Kedua pemimpin partai itu memiliki cara pandang dan model pendekatan yang jauh berbeda dalam landasan berpolitik.

“Dari awal, basis politik kebangsaan oleh Pak Surya Paloh dan Pak Prabowo itu cukup berbeda. Saya pikir pelajaran dari Pilpres 2019, salah satu elemen penggunaan eksploitasi politik identitas yang begitu akut dan menciptakan polarisasi yang demikian luar biasa. Posisi dari Pak Paloh cukup jelas untuk menentang praktik-praktik politik semacam itu," ujarnya.

Baca juga : Pengamat: Chemistry Surya Paloh Dan Prabowo Sudah Sangat Cair, Koalisi Bukan Hal Yang Mustahil

Sementara, peneliti dari Indikator Politik Indonesia Bawono Kumoro memaknai kunjungan Prabowo ke kantor pusat NasDem selain sebagai bentuk safari politik, sekaligus mencari calon wakil presiden yang bisa berkontribusi jelang Pemilu 2024.

Apalagi, lanjut Bawono, NasDem akan menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) yang salah satu agendanya menyerap usulan kandidat capres/cawpres dari kader NasDem di daerah.

Pada Rakernas 15-17 Juni mendatang, NasDem akan menyerahkan tiga nama calon presiden ke Surya Paloh. Harapannya, Prabowo bisa mendapat wakil dari situ. 

Prabowo-Puan Kompetitif

Baca juga : Prabowo Tebar Pesona Ke NasDem Nih

Terkait peluang pasangan Prabowo-Puan seperti yang banyak disebut elite PDIP, menurut Umam, masih cukup kompetitif.

"Saya pikir Prabowo-Puan menjadi opsi yang cukup baik," ujarnya.

Sejumlah nama mengemuka disebut-sebut akan berpasangan sebagai Capres dan Cawapres di Pemilu 2024. Gerindra sudah mantap akan mencalonkan lagi Prabowo Subianto. Sementara PDIP masih menunggu perkembangan.

“Tahapan pemilu cukup lama, setelah itu baru kita kristalkan seluruh konsepsi kerja sama untuk kepentingan bangsa dan negara," kata Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto beberapa waktu lalu.

Baca juga : Puan: Pancasila, Aset Terbesar Yang Dimiliki Indonesia

Ada dua nama yang beredar, yaitu Puan Maharani dan Ganjar Pranowo. Berdasarkan data survei Indikator Politik Indonesia, baik Puan maupun Ganjar elektabilitasnya masih di bawah 80 persen.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.