Dark/Light Mode

Datangi Surya Paloh di Kantornya

Prabowo Tebar Pesona Ke NasDem Nih

Kamis, 2 Juni 2022 06:45 WIB
Ketua Umum NasDem Surya Paloh dan Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto. (Foto: Instagram NasDem)
Ketua Umum NasDem Surya Paloh dan Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto. (Foto: Instagram NasDem)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketum Partai Gerindra Prabowo Subianto mulai ancang-ancang dan tebar pesona menghadapi Pilpres 2024. Untuk memuluskan langkahnya sebagai capres, Prabowo sedang mencari teman koalisi. Partai NasDem yang saat ini belum tergabung dalam koalisi mana pun, jadi incaran Prabowo. Menteri Pertahanan itu, tebar pesona ke Ketum NasDem, Surya Paloh.

Meskipun sebagai ketua umum partai dan punya elektabilitas tinggi, tapi untuk maju sebagai capres, Prabowo belum cukup modal. Perolehan kursi Gerindra di DPR belum cukup memenuhi persyaratan treshold untuk mengajukan capres-cawapres. Prabowo setidaknya perlu menggaet minimal 1 partai di parlemen, agar persyaratan itu dipenuhi. Apa mungkin NasDem yang diincar Prabowo?

Upaya ke arah sana sudah dilakukan. Kemarin, Prabowo bertemu langsung dengan Surya Paloh, di Gedung NasDem Tower, Gondangdia, Jakarta. Mengenakan batik lengan panjang warna coklat, Prabowo tiba di markas NasDem pukul 11.50 WIB. Dia disambut sejumlah elite NasDem seperti Willy Aditya dan Ahmad Sahroni. Hadir pula, Siswono Yudo Husodo dan Enggar Tiasto Lukita.

Tidak banyak keterangan yang disampaikan eks Danjen Kopasus itu, saat datang ke markas NasDem. Prabowo cuma bilang hadir untuk memenuhi undangan makan siang dari Surya Paloh. Meskipun cuma makan siang, pertemuan yang digelar secara tertutup itu, berlangsung cukup lama, hampir 5 jam.

Baca juga : Anies-AHY Kuda Hitam

Dari foto-foto yang dibagikan akun Instagram NasDem, pertemuan Prabowo dan Surya Paloh berlangsung cukup akrab. Prabowo duduk bersebelahan dengan Surya Paloh. Sementara, elit dari kedua partai duduk melingkar dan saling berhadap-hadapan.

Di akhir pertemuan, Prabowo dan Surya Paloh kembali memamerkan keakrabannya. Keduanya saling berpelukan dan tertawa lepas. "Pertemuan dua sahabat lama di hari lahir Pancasila," tulis Instagram NasDem.

Keduanya lantas menggelar jumpa pers untuk menjelaskan maksud dari pertemuan tersebut. Keterangan disampaikan secara bergantian oleh Prabowo dan Surya Paloh. Mulai dari obrolan ringan, saling memuji, masalah politik, hingga urusan Pilpres 2024.

Surya Paloh mengatakan, pertemuan ini banyak membicarakan hal-hal romantisme dan semangat persahabatan antara kedua partai. "Semangat persahabatan yang cukup terjaga dalam kurun waktu yang cukup lama, puluhan tahun," ungkap Paloh.

Baca juga : Prabowo Subianto Idola Generasi Digital Natives

Paloh menjelaskan, pertemuan tadi membicarakan banyak hal. Isi pembicaraan juga tidak ada batasan tertentu. "Tidak hanya terbatas pada hubungan kami pribadi, tapi juga masalah-masalah strategis bagi kepentingan kemajuan bangsa dan negara kita," ucapnya.

Bos Media Group itu mengakui, obrolan panjangnya dengan Prabowo telah menghasilkan kesepakatan. NasDem dan Gerindra sepakat menjaga stabilitas nasional dalam Pilpres 2024.

"Kehormatan kita satu sama lain harus tetap terjaga, berkompetisi bukan dengan saling menjatuhkan," lanjut dia.

Paloh juga mengatakan, dalam pertemuan itu juga diisi diskusi untuk masa depan bangsa. Katanya, Gerindra dan NasDem sama-sama berkomitmen saling menjaga satu sama lain, baik sebelum maupun sesudah Lemilu 2024.

Baca juga : Ini Cara Dubes Palestina Di Jakarta Gelar Penghormatan Ke Shireen

Sementara itu, Prabowo mengatakan, memiliki banyak kesamaan dengan Paloh. Hanya saja, Prabowo masih belum bisa memastikan apakah kesamaan itu akan membuat kedua partai berkoalisi.

"Kita kan nggak bisa bertindak karena kita teman, kita atur sendiri-sendiri, kan nggak bisa," jelasnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.