Dark/Light Mode

Menuju Endemi, Tanggung Jawab Kebiasaan Hidup Sehat Kembali Ke Individu

Jumat, 3 Juni 2022 13:14 WIB
Tenaga Ahli Utama KSP Abraham Wirotomo (Foto: Dok. KSP)
Tenaga Ahli Utama KSP Abraham Wirotomo (Foto: Dok. KSP)

RM.id  Rakyat Merdeka - Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP) Abraham Wirotomo menekankan pentingnya masyarakat tetap menjaga kebiasaan hidup sehat, meski situasi pandemi Covid-19 semakin terkendali. Menurut Abraham, kesadaran masyarakat dalam menjaga protokol kesehatan menjadi salah satu alat ukur untuk menentukan pandemi terkendali dan siap menuju fase endemi.

"Pandemi semakin terkendali, artinya kebiasaan hidup sehat kembali menjadi tanggung jawab setiap individu. Tidak perlu lagi masyarakat diawasi apalagi dipaksa-paksa. Seperti pemakaian masker atau lainnya," kata Abraham, di Gedung Bina Graha Jakarta, Jumat (3/6).

Baca juga : Renume Aesthetics Indonesia Tawarkan Diet Sehat Melalui Infus

Abraham mengatakan, untuk menuju endemi, Pemerintah akan terus mengingatkan masyarakat agar memikul tanggung jawab menjaga kesehatan pribadi dan lingkungannya. Targetnya, masyarakat benar-benar teredukasi, memahami, dan bisa mengambil keputusan jika terjadi gangguan kesehatan.

"Jika itu sudah tercapai, berarti Covid-19 sudah menjadi endemi," terangnya.

Baca juga : Dubes Jepang Doakan Umat Islam Diberkahi Kebahagiaan Di Idul Fitri Ini

Dalam kesempatan itu, Abraham juga menyebut, selama 12 minggu atau 3 bulan terakhir, penyebaran Covid-19 semakin terkendali. Makanya, dia sangat yakin, pandemi segera berakhir. "Kita semakin optimis pandemi bisa berakhir di tahun ini," tegasnya.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.