Dark/Light Mode

Anugerah Pewarta Foto Indonesia Digelar Di Medan, Ini Pemenangnya

Jumat, 3 Juni 2022 20:43 WIB
Wali Kota Medan Bobby Nasution berfoto bersama panitia dan pemenang Anugerah Pewarta Foto Indonesia. (Foto: Ist)
Wali Kota Medan Bobby Nasution berfoto bersama panitia dan pemenang Anugerah Pewarta Foto Indonesia. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Anugerah Pewarta Foto Indonesia (APFI) kembali diselenggarakan tahun ini. Usai 2021 lalu sukses digelar di Perpustakaan Nasional Jakarta, tahun ini APFI dilangsungkan di kota Medan, Sumatera Utara. Wali Kota Medan, Bobby Nasution hadir menyerahkan Alex & Frans Mendur Trophy kepada penerima anugerah Photo of The Year.

APFI 2022 telah menyeleksi 2800 lebih foto dari 300 wartawan yang akhirnya menelurkan 15 foto terbaik dari 7 kategori yang diseleksi Dewan Juri selama lebih 12 jam.

Perwakilan penerima Anugerah diundang khusus ke Medan untuk menerima trophy APFI. Hadir dalam puncak awarding Wali Kota Medan Bobby Nasution, Ketua Umum Pewarta Foto Indonesia (PFI) Pusat Reno Esnir, Ketua PFI Medan Rahmad Suryadi, para perwakilan pemenang, dan perwakilan pengurus PFI Kota.

Dalam sambutannya, Bobby memberikan, apresiasi terhadap penyelenggaraan APFI 2022 sekaligus menjelaskan kualitas, serta peran penting foto jurnalistik sebagai penyampai pesan dan perekam peristiwa bersejarah untuk seluruh masyarakat Indonesia. “Saya yakin kualitas dari Anugerah Pewarta Foto Indonesia tahun 2022 ini sangat baik,” ujar Bobby.

Baca juga : Ketua Umum IMI Pastikan Formula E Siap Digelar Di Jakarta

Bobby juga berpesan kepada seluruh pewarta foto agar tetap bisa menjaga diri dan berhati-hati selama bertugas di lapangan. “Jangan sampai membahayakan diri demi mendapatkan sebuah momen yang sangat dibutuhkan, kita doakan semua jurnalis diberkahi Allah SWT,” tutup Bobby.

Ketua Umum PFI Pusat, Reno Esnir menyampaikan, selamat kepada seluruh penerima Anugerah. Ia juga mengapresiasi pemerintah, PFI Medan, dan seluruh stakeholder yang telah mendukung gelaran APFI.

“Selamat kepada seluruh penerima Anugerah, mulai dari foto Rohingnya di Aceh hingga foto PON di Merauke berhasil menjadi yang terbaik. Dan juga terima kasih kepada semua pihak yang mendukung APFI 2022, award ini tidak akan terselenggara tanpa bantuan dari semua mitra dan stakeholder yang mendukung,” ucap Reno.

Pada puncak awarding, Wali Kota Medan menyerahkan Alex & Frans Mendur trophy beserta trophy lainnya kepada penerima Photo of The Year, PFI Kota Award, serta Lifetime Achievement Award. PFI Medan yang diwakili Ketuanya Rahmad Suryadi berhasil menerima anugerah Best Management Award, sedangan Suryanto, Ketua PFI Surabaya, menerima Best Performance Award.

Baca juga : WNI Tamatan Kampus Top Dunia Bisa Berkarier Di Inggris, Ini Syaratnya

Kedua gelar tersebut merupakan bagian dari PFI Kota Award, penghargaan untuk pengurus PFI Kota yang dinilai memiliki kontribusi dan prestasi yang baik dalam satu tahun terakhir.

Sedangkan Lifetime Achievement Award diberikan sebagai bentuk penghormatan kepada pewarta foto yang sudah berpulang akibat wabah Covid-19. Almarhum Saiful Bahri (Antara Foto) dan Yuyung Abdi (Jawa Pos) terpilih karena dedikasinya sebagai pewarta foto senior yang berintegritas dan giat menyebarluaskan semangat fotojurnalistik semasa hidupnya.

Keluar sebagai penerima Photo of The Year adalah Galih Pradipta, pewarta foto dari Lembaga Kantor Berita Nasional Antara. Galih terpilih melalui foto esai-nya yang merekam kegiatan warga Papua saat sedang antusias menonton pertandingan Pekan Olahraga Nasional 2021 di Merauke, Papua.

Ketua penyelenggara, Dwi Pambudo mengucap syukur dan terima kasih karena gelaran awarding APFI 2022 berjalan sukses dan lancar. “Alhamdulillah Wa Syukurillah, terima kasih kepada Pemprov Sumatera Utara, Pemkot Medan, PFI Medan, pengurus PFI Kota se-Indonesia, dan seluruh panitia yang telah bekerja keras hingga larut pagi dalam mempersiapkan agenda kebanggaan wartawan foto tanah air ini,” pungkas pewarta foto Rakyat Merdeka ini.

Baca juga : Angkut Jemaah Haji, Garuda Indonesia Siapkan 7 Pesawat Berbadan Lebar

Foto-foto penerima Anugerah Pewarta Foto Indonesia (APFI) dapat dinikmati di Merdeka Walk, Jalan Balai Kota Kesawan, Medan. Pameran foto berlangsung hingga 7 Juni 2022. Hadiri juga diskusi fotografi mengenai kisah dibalik foto para penerima Anugerah bersamma Adek Berry, Ferdy Siregar, dan Oscar Motuloh serta perwakilan penerima APFI pada 4 Juni 2022 di Grand Ballroom Hotel Inna, Medan.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.