Dewan Pers

Dark/Light Mode

Panitia Haji Indonesia Siap Sambut Jemaah Di Madinah

Sabtu, 4 Juni 2022 10:09 WIB
Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) 2022  meninjau kelengkapan hotel atau pemondokan yang berada di sektor 3 untuk pelaksanaan haji.
Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) 2022 meninjau kelengkapan hotel atau pemondokan yang berada di sektor 3 untuk pelaksanaan haji.

RM.id  Rakyat Merdeka - Menjelang kedatangan jemaah calon haji Indonesia, Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) 2022  meninjau kelengkapan hotel atau pemondokan yang berada di Sektor 3. 

"Kita di wilayah kerja Sektor 3 ada 13 hotel yang akan ditempati oleh jamaah haji Indonesia. Tadi kita turun melihat langsung hotel-hotel tersebut dan juga gladi prosesi penyambutan jemaah bersama anggota sektor," ujar Sekretaris Sektor 3 Madinah Bayu, Jumat (3/6). 

Berita Terkait : Panitia Siap Sambut Jemaah Haji Indonesia Di Madinah

Berdasarkan  data PPIH, saat ini ada 126 petugas haji yang bertugas di Daerah Kerja (Daker) Madinah dan ada tiga sektor yang sudah siap bertugas. 

Untuk masa haji 1443H/2022M, Pemerintah Indonesia telah menyiapkan 126 hotel di Madinah, yang akan dijadikan pemondokan jemaah haji. Hotel-hotel ini seluruhnya berada di wilayah Markaziah, yang berjarak paling jauh 500 meter dari masjid Nabawi. 

Berita Terkait : UNESCO Bantu Indonesia Sukseskan WWF 2024 Di Bali

Berdasarkan data yang dikeluarkan PPIH, ada sekitar 2.776 jemaah haji Indonesia yang akan tiba di Kota Madinah pada Sabtu, 4 Juni 2022. Jemaah ini tergabung dalam tujuh kelompok terbang (kloter) yang berasal dari lima embarkasi, yaitu Solo (SOC), Jakarta Pondok Gede (JKG), Jakarta Bekasi (JKS), Surabaya (SUB), dan Padang (PDG). 

Adapun perkiraan cuaca di Arab Saudi untuk siang hari rata-rata sudah mencapai 45 derajat Celsius. Untuk itu, PPIH Daker Madinah mengimbau agar calon jemaah haji memperbanyak minum air putih untuk menjaga cairan tubuh agar tidak dehidrasi. 

Berita Terkait : Anugerah Pewarta Foto Indonesia Digelar Di Medan, Ini Pemenangnya

Calon jemaah juga diimbau untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dan memperhatikan asupan makanan. Hal ini diperlukan agar kondisi fisik jemaah tetap terjaga selama menunaikan ibadah haji.■