Dark/Light Mode

Analisa Pertarungan Pilpres 2024

Jagoan Mega Akan Melawan Jagoan Jokowi

Senin, 6 Juni 2022 07:48 WIB
Ganjar Pranowo yang dianggap sebagai jagoan Jokowi dengan Puan Maharani yang merupakan jagoan Megawati. (Kartun: Mice)
Ganjar Pranowo yang dianggap sebagai jagoan Jokowi dengan Puan Maharani yang merupakan jagoan Megawati. (Kartun: Mice)

 Sebelumnya 
Bagaimana analisa pakar? Peneliti ahli utama Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Siti Zuhro menilai, proses penjajakan politik Pilpres saat ini belum sampai pada kesimpulan. Semuanya masih cair, termasuk pembentukan KIB. Sehingga belum bisa dipastikan benar atau tidaknya Jokowi sudah punya jagoan sendiri dan siap dipertarungkan dengan jagoan Mega.

"Kita masih membaca arah ini, bahkan kalau anginnya gede sekalipun. Kita masih membaca arah, bukan kesimpulan," kata Siti, saat diminta analisisnya, kemarin.

Baca juga : Menuver Jokowi Disorot Netizen

Namun, jika dilihat dari sejumlah peristiwa politik saat ini, ia menduga Jokowi mulai melakukan political deterrent. "Biasanya untuk menciptakan political bargaining (dengan PDIP)," lanjutnya.

Kendati demikian, ia menilai sangat tidak etis jika nantinya Jokowi benar-benar berhadapan dengan Mega. Karena, ia adalah presiden yang dibesarkan dan dimenangkan oleh mesin politik besar, yakni PDIP selaku leading party selama dua periode.

Baca juga : RI Jadi Partner Country Hannover Messe 2023, Ini Yang Akan Dilakukan Menperin

"Begitukah balasannya? Kita kan ada etika politik. Pemilu memang sarat dengan kompetisi dan kontestasi, tapi tolong yang sehat," pesannya.

Peneliti Indikator Politik Indonesia Bawono Kumoro menilai Jokowi masih mencermati dinamika di internal PDIP. Presiden ketujuh itu diyakini tidak akan gegabah menunjukkan dukungan kepada figur yang dijagokannya secara terang benderang sebelum Mega ambil keputusan.

Baca juga : Harlah Pancasila, Wapres Kenakan Pakaian Adat Melayu

"Jokowi masih berusaha menjajaki komunikasi politik terhadap Ketua Umum PDI Perjuangan untuk mempertimbangkan Ganjar sebagai calon presiden yang akan diusung oleh PDI Perjuangan," kata Bawono, tadi malam.

Nah, apabila jagoan yang diusung PDIP bukan Ganjar, ia menduga Jokowi sudah menyiapkan langkah antisipasinya. "Dengan cara mempersiapkan perahu untuk Ganjar maju dalam kontestasi," pungkasnya.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.