Dark/Light Mode

Kepala KUA Kemalang Kaget, Usia Calon Pengantin Nyaris 100, Baca Ijab Kabul Lancar

Selasa, 7 Juni 2022 18:22 WIB
Rumpyuh Tarno Sukarto (93), menikahi Sulami (71) di usia yang nyaris seabad. (Foto: Humas Kemenag)
Rumpyuh Tarno Sukarto (93), menikahi Sulami (71) di usia yang nyaris seabad. (Foto: Humas Kemenag)

RM.id  Rakyat Merdeka - Rumpyuh Tarno Sukarto (93) dan Sulami (71), asal Dukuh Pancasan, Desa Sidorejo, Kecamatan Kemalang, Klaten menjadi pasangan pengantin tertua yang melangsungkan akad nikah, di Kantor Urusan Agama (KUA) Kemalang.

Kepala KUA Kemalang, Sugiyanto mengaku sempat tak percaya dengan umur mereka, ketika pertama menerima berkas pendaftaran pernikahan pada akhir Mei 2022.

“Saya lihat berkas mempelai pria, kelahiran 1929. Saya awalnya mengira salah input. Kemudian, saya cek lagi. Ternyata, di KTP memang benar kelahiran tahun 1929,” kata Sugiyanto dalam keterangannya, seperti dilansir situs resmi Kementerian Agama, Senin (6/6).

Baca juga : Ketua MK Anwar Usman Sah Jadi Adik Ipar Jokowi, Ijab Kabul Lancar Tanpa Pengulangan

Setelah berkas persyaratan lengkap dan valid, akad nikah dilangsungkan Jumat, 27 Mei 2022.

Sugiyanto mengaku ingin berkomunikasi lebih dalam dengan Tarno-Sulami. Hanya saja, lantaran sudah ditunggu pasangan calon pengantin berikutnya yang bakal melangsungkan akad nikah, ia mengurungkan niat tersebut.

“Situasi saat itu tidak memungkinkan,” katanya.

Baca juga : Pengamat Sarankan Mendag Lebih Banyak Libatkan Kapolri

Sugiyanto salut dengan kondisi kesehatan pasangan lansia yang masih bugar itu. Terutama Mbah Tarno. Pada usia yang hampir menyentuh satu abad, Tarno masih bisa berjalan dengan tegap, lancar berbicara. Pendengarannya pun masih bagus.

“Meski bukan pernikahan yang pertama, saya kagum dengan semangat Tarno dan Sulami menjadi pasangan suami istri yang sah secara agama dan negara. Saya turut bergembira dan salut, di usia segitu masih sehat dan bugar,” tuturnya.

Tarno pun tak kesulitan ketika melafalkan ijab kabul di depan penghulu dan para saksi.

Baca juga : Lebih Banyak Keluar Kandang

Tarno tak perlu mengulangi lafal ijab kabul, untuk menjadikan pernikahannya dengan Sulami sah.

“Sekali saya tuntun, langsung lancar. Kalimat yang diucapkan, tidak ada yang berbeda,” kata Sugiyanto. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.