Dewan Pers

Dark/Light Mode

Peran Pranata Humas Penting Susun Strategi Komunikasi Efektif

Selasa, 7 Juni 2022 19:58 WIB
Pranata Humas Ahli Madya Direktorat Pengelolaan Media Kominfo Dimas Aditya Nugraha (kanan), Sub Koordinator Pengembangan Kompetensi dan Karir Jabatan Fungsional Bidang Komunikasi Publik Kominfo, Asriani Sri Wahyuni (Tengah) saat Bintek Kebijakan Sub Urusan Informasi dan Komunikasi Publik, Selasa (7/6). (Foto: Istimewa)
Pranata Humas Ahli Madya Direktorat Pengelolaan Media Kominfo Dimas Aditya Nugraha (kanan), Sub Koordinator Pengembangan Kompetensi dan Karir Jabatan Fungsional Bidang Komunikasi Publik Kominfo, Asriani Sri Wahyuni (Tengah) saat Bintek Kebijakan Sub Urusan Informasi dan Komunikasi Publik, Selasa (7/6). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pranata Humas seluruh Indonesia baik di lembaga pemerintah maupun lembaga negara, dituntut untuk prakktif dan kreatif. Tuntutan tersebut merupakan jawaban atas tantangan kesediaan informasi di masyarakat yang terus berkembang.

Dr. Hasyim Gautama, Direktur Tata Kelola dan Kemitraan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengatakan, ketersediaan informasi dan akses yang semakin mudah dengan berkembangnya teknologi informasi dan komunikasi di dunia saat ini, diibaratkan pedang bermata dua.

Di satu sisi, informasi yang mendayaguna lebih mudah beredar. Namun di sisi lain, kondisi ini juga memudahkan terjadinya mis-informasi, dis-informasi, dan bahkan mal-informasi dibanding era media sebelumnya.

"Hal tersebut menjadi tantangan tersendiri bagi pengelolaan informasi dan komunikasi publik, khususnya Pranata Humas untuk lebih pro aktif dan kreatif, dalam mengkomunikasikan berbagai kebijakan dan program pemerintah kepada publik," ucapnya.

Berita Terkait : Pekan Ini, Dewas KPK Garap Lili Pintauli Soal Dugaan Gratifikasi MotoGP

Hal ini diungkapkan Hasyim saat acara Bimbingan Teknis Pelaksanaan Kebijakan Sub Urusan Informasi dan Komunikasi Publik: Penyusunan Strategi Komunikasi Publik, serta Bimbingan Teknis Penyusunan Daftar Usulan Penetapan Angka Kredit (DUPAK) Jabatan Fungsional Pranata Humas yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika, melalui Direktorat Tata Kelola dan Kemitraan Komunikasi Publik, Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik.

Dia menambahkan, tuntutan tersebut bertujuan agar sehingga masyarakat semakin tahu apa yang dikerjakan oleh pemerintah, guna membangun reputasi dan kepercayaan masyarakat kepada Pemerintah.

Hasyim juga menegaskan bahwa Pranata Humas memiliki peran yang strategis dalam mengantisipasi sekaligus memberikan pemahaman kepada masyarakat. Hal ini dapat diawali dengan penyusunan strategi komunikasi yang mengakomodir mitigasi isu dan identifikasi potensi terjadinya krisis dalam komunikasi publik.

Ditambahkan, arahan Presiden Joko Widodo dalam rapat internal terkait persiapan Presidensi of Group 20 (G20), menekankan pentingnya strategi komunikasi yang masif, baik di dalam negeri maupun internasional, untuk membangun kepercayaan kepada Indonesia.

Berita Terkait : Pemberdayaan Perempuan Langkah Strategis Wujudkan Kebangkitan Nasional

Oleh karena itu, pemerintah daerah, serta kementerian/lembaga lainnya perlu cakap dalam menyusun strategi komunikasi G20 ini yang disesuaikan dengan kewenangan masing-masing instansi.

Dr. Hudiyono, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Timur dalam kesempatan yang sama mengatakan, Pranata Humas dapat berkembang menjadi sebuah profesi yang tidak hanya menjadi sumber daya manusia dalam menjalankan informasi dan komunikasi publik.

"Pranata Humas juga menjadi bagian penting pengembang dan pembentuk citra lembaga pemerintah/lembaga negara," ucapnya.

Hudiyono juga mengingatkan sebaik apapun kebijakan yang telah dirumuskan oleh pemerintah tidak akan berhasil tanpa didukung oleh komunikasi kebijakan yang baik dan efektif.

Berita Terkait : Dari Prambanan, Menkominfo Tunjukkan Semangat Presidensi G20 Indonesia

Oleh karena itu, Pranata Humas harus mampu melayani kebutuhan informasi publik, membentuk citra positif institusi, memberikan informasi terbaru mengenai apa yang telah, sedang, dan akan dilakukan oleh pemerintah, apa manfaatnya bagi masyarakat, dan bagaimana merespon umpan balik dari publik.

Dalam acara Bimbingan Teknis ini juga, Asriani Sri Wahyuni sebagai Sub Koord. Pengembangan Kompetensi dan Karir Jabatan Fungsional Bidang Komunikasi Publik Kementerian Kominfo menyampaikan pemaparan mengenai jabatan Fungsional Pranata Humas dan angka kreditnya.

Dalam sesi selanjutnya, Dimas Aditya Nugraha selaku Pranata Humas Ahli Madya Direktorat Pengelolaan Media Kementerian Kominfo banyak memaparkan strategi dan tips agar Pranata Humas dapat mencapai angka kredit maksimal. ■