Dark/Light Mode

Pidato Pakai Bahasa Inggris, Disambut Sorakan Gemuruh

Pesona Gibran Sampai Ke Paris

Jumat, 10 Juni 2022 07:10 WIB
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka berfoto bersama usai membuka pameran produk UMKM dan budaya bertajuk Java In Paris di Le BHV Marais, Paris, Prancis, kemarin.
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka berfoto bersama usai membuka pameran produk UMKM dan budaya bertajuk Java In Paris di Le BHV Marais, Paris, Prancis, kemarin.

RM.id  Rakyat Merdeka - Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka mulai go international. Dia menggelar pameran di Paris, Prancis. Dia boyong 1.200 UMKM lokal di Solo di pameran tersebut. Di bumi “dewanya mode” itu, Gibran mendapat pujian juga sambutan meriah.

Pameran bertajuk “Java in Paris” itu, digelar di Mall Le BHV Marais. Tempat tersebut merupakan salah satu department store terbesar di Paris. Untuk menyukseskan acara, Gibran bekerja sama dengan Shopee dan Kedutaan Besar Republik Indonesia di Prancis.

Baca juga : Di Malang, Kementan Gelar Pengobatan Sapi Bergejala PMK

Warga setempat begitu antusias melihat lameran ini. Hal ini terlihat dari banyaknya orang yang berkumpul di sepanjang jalan dekat lokasi pameran. Berbagai sorakan dan tepuk tangan, tak henti-hentinya disampaikan warga saat menyaksikan pembukaan pameran.

Kemeriahan makin terlihat, ketika pihak panitia mempersilakan Gibran maju ke depan untuk memberikan sambutan. Dengan percaya diri, Gibran berdiri di hadapan peserta yang telah berkumpul beberapa jam sebelumnya. Dengan fasih, dia berpidato menggunakan bahasa Inggris.

Baca juga : Hari Pancasila, Distrik Seni dan Sarinah Buka Pameran Seni Kontemporer

Gibran yang mengenakan kemeja batik coklat lengan panjang itu, tampil dengan percaya diri. Meskipun dengan aksen Jawa, Gibran menyampaikan pidatonya dengan lancar dan teratur. Kata per kata dia sampaikan dalam bahasa Inggris. Pidato yang cukup singkat itu, berhasil ‘menyihir’ penonton di sana. Tepuk tangan gemuruh ditunjukkan penonton mengapresiasi pidato yang disampaikan putra sulung Presiden Jokowi tersebut.

Di akhir pidatonya, Gibran menutup dengan menggunakan bahasa Indonesia dan bahasa Jawa. Mengingat yang hadir saat itu, selain dari warga setempat, ternyata banyak juga orang Indonesia yang memang tinggal di Paris.

Baca juga : Dari Inggris, Kang Emil Terbang Ke Swiss

“Bapak, Ibu, terima kasih. Ini saya nggak nyangka, ramai sekali. Maturnuwun, maturnuwun, terima kasih,” sahut Gibran dalam sambutan acara yang berlangsung on the street, di depan mall paling bergengsi di Paris, itu.

Dia lalu memukul gong yang sudah di-setting di sebelah kanannya, sebagai tanda peresmian event berkelas bagi UMKM Solo. Menurut Gibran, pameran ini menjadi ajang bagi UMKM Solo untuk mempopulerkan batik dan nilai-nilai tradisional di kancah Eropa. Khususnya, Prancis.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.