Dark/Light Mode

Pidato Pakai Bahasa Inggris, Disambut Sorakan Gemuruh

Pesona Gibran Sampai Ke Paris

Jumat, 10 Juni 2022 07:10 WIB
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka berfoto bersama usai membuka pameran produk UMKM dan budaya bertajuk Java In Paris di Le BHV Marais, Paris, Prancis, kemarin.
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka berfoto bersama usai membuka pameran produk UMKM dan budaya bertajuk Java In Paris di Le BHV Marais, Paris, Prancis, kemarin.

 Sebelumnya 
“Saya berharap, jumlah orang yang mencintai batik sebagai salah satu world heritage, semakin bertambah banyak,” ujarnya.

Gibran ingin, pameran Le BHV Marais Paris ini bisa menjadi semacam batu lompatan bagi UMKM Solo, untuk menembus pasar global.

Baca juga : Di Malang, Kementan Gelar Pengobatan Sapi Bergejala PMK

Makanya, dia meminta para pelaku UMKM di wilayahnya, agar terus belajar. Meningkatkan kualitas untuk mendongkrak daya saing produk di kancah internasional.

Dalam pembukaan pameran yang dipadati massa di sepanjang trotoar sekitar Les BHV, Gibran mempromosikan seni budaya Jawa. Tampak para penabuh gamelan berderet di depan Mall Le BHV Marais, yang beberapa pemainnya adalah masyarakat Prancis.

Baca juga : Hari Pancasila, Distrik Seni dan Sarinah Buka Pameran Seni Kontemporer

Selain itu, juga ada penampilan penyanyi asal Indonesia yang sudah lama menetap di Prancis, Anggun C Sasmi dan para seniman Solo. Penonton turut menikmati lagu “Mimpi”, yang dipopulerkan Anggun di tahun 1980-an. Bagi WNI di Paris, ini seperti mengobati kerinduan mereka terhadap Indonesia. Bernostalgia. Beberapa pengunjung terlihat mengabadikan momen pentas seni tersebut.

Sementara suasana dalam Mall Le BHV Marais terlihat cukup sesak. Dipenuhi pengunjung yang ingin melihat produk UMKM Solo seperti batik, handycraft, dan karya seni lainnya.

Baca juga : Dari Inggris, Kang Emil Terbang Ke Swiss

Di tempat terpisah, Direktur Eksekutif Akar Rumput Strategic Consulting (ARSC), Dimas Oky Nugroho mengapresiasi upaya Gibran mengharumkan nama Indonesia, khususnya Solo di mata internasional. Kata Oky, kepala daerah harus mampu meningkatkan karya yang tersembunyi di daerahnya.

“Paling tidak potensi daerahnya ke tingkat dunia, sekaligus program konkret yang mampu melakukan inovasi-inovasi sosial ekonomi yang gilirannya bisa mengangkat potensi ekonomi lokal, atau UMKM,” kata Oky saat dikontak Rakyat Merdeka, kemarin. [UMM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.