Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Bangun Semangat Persatuan, ILUNI UI Sosialisasikan Kohesi Kebangsaan

Sabtu, 11 Juni 2022 17:45 WIB
Ketua ILUNI UI, Andre Rahadian (kiri) di acara sosialisI 4 Pilar MPR, di Gedung Nusantara IV DPR/MPR, Senayan, Jakarta Sabtu (11/6). (Foto: Instagram)
Ketua ILUNI UI, Andre Rahadian (kiri) di acara sosialisI 4 Pilar MPR, di Gedung Nusantara IV DPR/MPR, Senayan, Jakarta Sabtu (11/6). (Foto: Instagram)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ikatan Alumni Universitas Indonesia (ILUNI UI) ikut bergerak menyosialisasikan pokok-pokok pikiran gerakan "Kohesi Kebangsaan" dalam mewujudkan persatuan bangsa.

Hal itu disampaikan Ketua ILUNI UI, Andre Rahadian dalam acara Halal Bihalal Alumni UI sekaligus Sosialisasi 4 Pilar MPR, yang digelar di Gedung Nusantara IV DPR/MPR, Senayan, Jakarta, Sabtu (11/6).

 Andre mengatakan, Kohesi Kebangsaan merupakan gerakan yang membawa pesan persatuan.

Baca juga : Gandeng Reliance Finance, ALAMI Salurkan Pembiayaan untuk UMKM

"Perbedaan tidak harus saling serang, berbeda bukan berarti tak bisa bekerjasama dalam mewujudkan cita-cita pembangunan, melakukan kerja-kerja nyata," ujar Andre.

Pasalnya, diakui dia, kondisi bangsa pasca kontestasi Pemilu 2019 masih berbekas nyata di kehidupan sehari-hari masyarakat. Yaitu, masih terjadi pembelahan di akar rumput.

"Sudah hampir lewat 3 tahun ternyata di masyarakat masih menyisakan polarisasi. Dan hal ini juga diperkuat atau ditambah dengan pandemi Covid-19 selama 2 tahun juga ternyata berdampak dari geo politik yang ada di sekitar kita," tambahnya.

Baca juga : Jokowi: Kebangetan Banget

Karenanya ILUNI UI bersama-sama legislatif berupaya mengembalikan semangat persatuan Indonesia lewat gerakan Sosialisasi 4 Pilar, yang dikorelasi dengan gerakan Kohesi Kebangsaan.

"Yang kita hindari adalah labeling, framing, doxing yang sekarang menjadi populer yang bisa mencerai beraikan bangsa ini. Maka upaya menjalin sinergi ini kami lakukan dengan mengadakan berbagai audiensi, termasuk hari ini," ujarnya.

Dalam acara bertajuk "Reinvensi Ke-Indonesiaan Kita, Kepemimpinan, Keindonesiaan dan Patriotisme Dalam Indonesia Pasca Pandemi" ini turut hadir sejumlah tokoh dari unsur pimpinan lembaga pemerintahan hingga tokoh politik. Di antaranya Wakil Ketua MPR Fraksi NasDem Lestari Moerdijat, Wakil Ketua MPR fraksi PPP Arsul Sani, serta Wakil Menteri Desa dan PDTT Budi Arie Setiadi. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.