Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Kiai Dan Santri Jateng Doakan Ganjar Jadi Presiden 2024

Senin, 20 Juni 2022 11:23 WIB
Kiai dan santri perwakilan dari 35 kabupaten/kota di Jateng deklarasi mendukung Ganjar Pranowo menjadi Capres 2024,  di Kebumen, Jateng.
Kiai dan santri perwakilan dari 35 kabupaten/kota di Jateng deklarasi mendukung Ganjar Pranowo menjadi Capres 2024, di Kebumen, Jateng.

RM.id  Rakyat Merdeka - Kiai dan santri di Jawa Tengah mendoakan Ganjar Pranowo agar maju dalam Pemilihan Presiden 2024. Mereka menilai Gubernur Jawa Tengah ini memiliki totalitas dalam mengabdi untuk masyarakat.

Pemimpin Pondok Pes Al Qarawiyin, Gus Rahmat mengungkapkan, lebih dari 2 ribu prang di Jateng hadir mendeklarasikan dukungan  Ganjar untuk menjadi Presiden Indonesia periode 2024-2029.

Mereka merupakan perwakilan dari 35 kabupaten/kota di Jateng. Terdiri dari asosiasi Kiai dan pengasuh Pondok Pesantren (Ponpes) di Kebumen, Jateng, pengurus Masjid/Mushola, santri dan masyarakat umum. Deklarasi dilakukan di Ponpes Al Qarawiyin Desa Krandegan Kecamatan Puring, Kabupaten Kebumen, Jateng.

"Mendukung Bapak Ganjar menjadi Presiden Republik Indonesia Tahun 2024," kata pengasuh Ponpes Al Qarawiyin, Gus Rahmat, dalam keterangannya, Senin (20/6).

Baca juga : Milenial Yogya Dukung Ganjar Presiden 2024

Rahmat menyatakan, telah merasakan langsung kepedulian Ganjar kepada para kiai, santri dan pondok pesantren. Ia juga menilai Ganjar kebijakannya berpihak pada semua lapisan masyarakat, terutama masyarakat kalangan bawah.

Rahmat berharap Ganjar menjadi presiden agar Indonesia lebih maju dan masyarakat secara luas lebih makmur dan sejahtera. "Beliau orangnya baik dan jujur. Harapannya semoga kedepan bisa memajukan Indonesia khususnya umat Islam, para kiai, ulama, santri dan pondok pesantren," ujarnya.

Kordinator Nasional Santri Dukung Ganjar (SDG), Acep Amirudin mengatakan, Ganjar menyumbangkan gajinya kepada masyarakat melalui Baznas Provinsi Jateng sejak menjabat gubernur pada periode pertama hingga saat ini diperiode kedua.

Menurut dosen salah satu Universitas Islam di Bandung ini, Baznas kemudian menyalurkan ke melalui program santunan fakir miskin, biaya pendidikan, bantuan modal usaha, rumah belajar BAZNAS, bantuan panti asuhan, pasien rawat inap, bantuan rumah tidak layak huni (RTLH), program tanggap bencana dan program sosial lainnya.

Baca juga : Hadiri Silaturahmi Akrab Muslimat NU Palembang, Erick Didoakan Jadi Presiden

"Kepedulian beliau kepada masyarakat sampai diserahkan kepada Baznas, dari Baznas itu bisa dialokasikan ke bantuan-bantuan sosial lainnya. Dari situlah kenapa kami para santri dan kiai sangat mendukung Bapak Ganjar," tutur Acep.

Acep menambahkan, Ganjar telah mengimplementasikan nilai-nilai santri yang diajarkan di pesantren, diantaranya selau berzakat, sederhana, dekat dengan ulama, peduli pada masyarakat kurang mampu dan menyayangi anak yatim.

"Itu semua kan diajarkan Rasulullah SAW. Beliau Pak Ganjar mengimplementasikan nilai santri dan representatif dari santri," ucapnya.

Koordinator SDG Wilayah Jateng, Mukti Abdul Jabir mengatakan, acara deklarasi ini diikuti oleh sekitar 2 ribu orang lebih. Menurutnya, deklarasi sebagai langkah awal dalam ikhtiar menjadikan Ganjar presiden 2024. Menurutnya, kedepan bakal ada gerakan yang lebih masif ke berbagai wilayah di Jateng.

Baca juga : Emak-Emak Jogja Dukung Ganjar Capres 2024

Deklarasi juga dimeriahkan dengan adanya lomba rebana se-Kabupaten Kebumen dan konser musik religi dengan bintang tamu penyanyi Sayyid Zulfikar Basyaiban dan Syarifah Veve Zulfikar.

Acara bertajuk 'Sejuta Sholawat & Doa Bersama Bapak Ganjar Pranowo Presiden RI 2024' ini, mendapatkan antusiasme dari masyarakat yang sangat tinggi. Mereka sampai membeludak ke luar panggung, menyaksikan kegiatan di plataran rumah-rumah warga yang berada di sebrang jalan.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.