Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Ribuan Santri Di Malang Selawatan Dukung Ganjar Capres 2024

Senin, 20 Juni 2022 20:20 WIB
Ribuan santri di Malang, Jawa Timur, yang tergabung dalam Santri Dukung Ganjar Jawa Timur (SDG Jatim) menggelar sejuta selawat dan doa bersama untuk mendukung Ganjar menjadi presiden di 2024. (Foto: Istimewa)
Ribuan santri di Malang, Jawa Timur, yang tergabung dalam Santri Dukung Ganjar Jawa Timur (SDG Jatim) menggelar sejuta selawat dan doa bersama untuk mendukung Ganjar menjadi presiden di 2024. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ribuan santri di Malang, Jawa Timur, yang tergabung dalam Santri Dukung Ganjar Jawa Timur (SDG Jatim) menggelar sejuta selawat dan doa bersama untuk mendukung Ganjar menjadi Presiden 2024-2029.

Mereka adalah santri Pondok Pesantren Al Ihsan Al Murtadlo, Jalan Pesantren Gang II Blambangan, Krebet, Bululawang, Kabupaten Malang. Selawat juga diikuti asosiasi kiyai, pengasuh ponpes, ustaz, ibu-ibu majelis taklim, dan masyarakat umum.

"Alhamdulillah pada kesempatan hari ini santri bersama pengasuh dan bersama muslimat fathayat, kaum muslimin dan muslimat sekitarnya sangat mendukung sekali adanya doa bersama," kata Pengasuh Ponpes Al Ihsan Al Murtadlo, KH Badrus Shofil Ufa, Senin (20/6).

Baca juga : Kebijakan Menteri Erick Menyelamatkan Garuda Dinilai Sudah Tepat

Pria yang akrab disapa Gus Badrus itu mengatakan, Ganjar merupakan pemimpin yang agamis. Dia mengatakan, Ganjar sering bersilaturahmi dengan ulama dan para santri di ponpes, sehingga civitas pesantren merasa dekat dengan Gubernur Jateng itu.

"Adapun santri berperan mendoakan Bapak Ganjar sebagai calon presiden tahun 2024 karena Bapak Ganjar adalah seorang yang agamis. Sering silaturahim sama ulama, sering berkunjung ke pondok-pondok pesantren," imbuhnya.

Koordinator Nasional SDG, Acep Amirudin meyakini Ganjar bisa membangkitkan ekonomi UMKM lewat Lapak Ganjar. Khususnya UMKM keislaman yang melibatkan para santri dan tokoh agama.

Baca juga : Kiai Dan Santri Jateng Doakan Ganjar Jadi Presiden 2024

Menurut Acep, santri dapat berperan penting dalam kebangkitan tersebut. Pasalnya, kini santri pandai memanfaatkan digitalisasi, sehingga Acep menilai Lapak Ganjar sangat bermanfaat untuk mereka.

"Bagi para santri yang terjun di dunia usaha, UMKM, itu sangat bisa memanfaatkan, terlebih digitalisasi ini para santri juga ikut terlibat," kata Dosen salah satu Universitas Islam di Bandung ini.

Melalui Lapak Ganjar, Acep menyebut santri bisa belajar bagaimana hasil produksinya bisa disebarkan ke masyarakat luas. Dia berharap UMKM keislaman santri bisa mandiri dan meningkatkan ekonomi umat.

Baca juga : Iuran Mau Disesuaikan Gaji, BPJS Kesehatan Diprotes

"Bagaimana cara mempromosikan UMKM hasil dari para santri ini untuk bisa dijual di marketplace dan tersebar di seluruh rakyat Indonesia. Harapan kami supaya santri bisa mandiri dan santri bisa ikut terlibat dalam peningkatan ekonomi umat dan bangsa," imbuhnya.

Dalam kesempatan yang sama, Koordinator Wilayah SDG Jatim Hurriyahi menilai Ganjar adalah sosok yang dekat dengan ulama. Dia berharap, ke depannya Ganjar bisa memberikan dorongan positif untuk negeri, khususnya kaum santri.

Acara bertajuk 'Sejuta Sholawat & Doa Bersama Bapak Ganjar Pranowo Presiden RI 2024' ini juga dimeriahkan dengan penampilan rebana dan qori oleh santri Ponpes Al Ihsan Al Murtadlo. Para santri yang menonton tampak antusias dengan penampilan tersebut.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.