Dark/Light Mode

Dubes RI Di Bangkok Temui Ketua Senat, Dukung Keketuaan Thailand Di APEC 2022

Jumat, 17 Juni 2022 07:08 WIB
Pakai Masker: Dubes RI untuk Thailand Rachmat Budiman (kiri) berbincang dengan Ketua Senat Thailand Pornpetch Wichitcholcai, Selasa (14/6), di Gedung Parlemen Thailand, Bangkok.(Foto RM/KBRI Bangkok)
Pakai Masker: Dubes RI untuk Thailand Rachmat Budiman (kiri) berbincang dengan Ketua Senat Thailand Pornpetch Wichitcholcai, Selasa (14/6), di Gedung Parlemen Thailand, Bangkok.(Foto RM/KBRI Bangkok)

RM.id  Rakyat Merdeka - Duta Besar (Dubes) Indonesia untuk Thailand, Rachmat Budiman, menemui Ketua Senat Thailand Pornpetch Wichitcholcai, Selasa (14/6), di Gedung Parlemen Thailand, Bangkok.

Dalam pertemuan yang berlangsung hangat dan akrab tersebut, Dubes Rachmat dan Ketua Senat Thailand juga membahas berbagai aspek hubungan bilateral RI-Thailand dalam isu-isu politik, ekonomi, dan sosial-budaya, khususnya kerja sama antar parlemen kedua negara.

Dubes Rachmat Budiman (ketiga kiri) dan Ketua Senat Thailand Pornpetch Wichitcholcai (keempat kiri) di Gedung Parlemen Thailand, Bangkok,Selasa (14/6). (Foto KBRI Bangkok)

Baca juga : Dubes Negara Islam Dukung Pembentukan Majelis Syuro Dunia, Bamsoet Happy

“Parlemen Thailand dan RI telah saling mendukung dalam beberapa forum pertemuan di tingkat multilateral, seperti Inter-Parliamentary Union, ASEAN Inter-Parliamentary Assembly, dan Asia-Pacific Parliamentary Forum,” jelas Rachmat, dalam keterangan resminya, kemarin.

Rachmat menambahkan, hal tersebut menunjukkan, hubungan bilateral RI-Thailand berkembang pesat selama 72 tahun terakhir. Begitu juga selama masa pandemi Covid-19.

Baca juga : Gelar Mubes V, Pujakesuma Dukung Erick Thohir Maju Di Pilpres 2024

Dubes RI untuk Thailand yang merangkap sebagai Wakil Tetap RI untuk UNESCAP (Komisi Ekonomi dan Sosial PBB untuk Asia dan Pasifik atau United Nations Economic and Social Commission for Asia and the Pacific) ini menjelaskan, kedua negara memiliki kekayaan sejarah dan budaya yang relatif sama dan berbagai potensi kerja sama yang dapat lebih ditingkatkan.

Lebih lanjut, Rachmat menyampaikan dukungan Indonesia atas Keketuaan Thailand dalam Organisasi Kerja Sama Ekonomi Asia Pasifik (APEC) pada 2022. Dia juga menyampaikan apresiasi pada Negeri Gajah Putih itu, yang juga mendukung Keketuaan Indonesia di Group of Twenty (G20).
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.