Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Cerita Luhut Bolak-balik Ke Saudi

Saya Kesal, Dianggap Calo TKW

Minggu, 26 Juni 2022 06:50 WIB
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut B. Pandjaitan. (Foto : Dok. Kemaritiman).
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut B. Pandjaitan. (Foto : Dok. Kemaritiman).

RM.id  Rakyat Merdeka - Menko Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan yang di dalam negeri dapat julukan “menteri segala urusan” ternyata pernah diremehkan juga. Cerita kurang mengenakkan itu dialami Luhut saat dirinya harus bolak-balik ke Saudi. Luhut mengaku dianggap sebagai calo TKW oleh anak buah Raja Salman. “Saya kesal,” kata Luhut.

Untuk diketahui, Luhut baru saja melakukan lawatan yang kesekian kalinya ke Arab Saudi dan Uni Emirat Arab (UEA), Minggu (19/6). Selain untuk memastikan persiapan lawatan Jokowi di Saudi, kunjungan Luhut itu terkait masalah investasi. Luhut ingin mendapat kepastian dari Putra Mahkato Saudi, Mohammed bin Salman (MBS), soal investasi dalam pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur.

Baca juga : Dubes Arab Saudi Silaturahmi Ke Wapres, Puji Jemaah Haji

Dalam 3 hari kunjungan itu, Luhut didampingi oleh Ketua Umum PBNU, Yahya Qolil Staquf atau Gus Yahya. Lewat akun Instagram miliknya, Luhut sempat membagikan foto dirinya bersama rombongan dari Indonesia saat bertemu dengan MBS dan Presiden UEA, Mohammed bin Zayed (MBZ).

Ternyata, di balik pertemuan yang akrab itu, ada cerita yang kurang mengenakkan dialami Luhut. Cerita itu disampaikan Luhut saat menghadiri puncak acara Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia Lagawifest 2022 yang digelar di Lampung, kemarin. Acara ini disiarkan di kanal YouTube Kementerian Perindustrian.

Baca juga : Jokowi: Hati-hati! Nanti Saya Didemo

Luhut mengawali pidatonya dengan menceritakan keberhasilan Indonesia menangani pandemi dan memulihkan ekonomi pasca pandemi. Kata dia, ekonomi Indonesia termasuk yang terbaik di dunia. Di kuartal pertama 2022, ekonomi kita tumbuh 5,01 persen. Menurut dia, membaiknya ekonomi ini antara lain karena Indonesia sudah menjadi tujuan investasi dari berbagai negara. Ibaratnya, Indonesia itu gadis cantik yang dilamar banyak orang.

Setelah itu, Luhut menceritakan pengalamannya berkunjung ke Saudi dan UEA. Saat berkunjung ke Saudi itu, Luhut mengungkapkan kalau dirinya sempat diremehkan oleh Penasihat Keamanan Nasional Arab Saudi.

Baca juga : Striker Bali United Ini Waspadai Persib Di Laga Pramusim

Kata Luhut, awalnya ia dijadwalkan bertemu dengan Raja Salman. Namun, karena Raja Salman sedang sakit berat, ia lalu bertemu dengan MBS. Pangeran MBS ini yang mengatur pemerintahan Saudi.

Sebelum bertemu MBS, Luhut diharuskan menemui Penasihat Keamanan Nasional Saudi. Dalam pertemuan itu Luhut mengaku kesal karena merasa disepelekan. Nada suara anak buah Raja Salman itu terdengar memandang remeh.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.