Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Susi Pudjiastuti Sadar Diri, Tegaskan KopiSusi Gerakan Moral!

Minggu, 3 Juli 2022 18:59 WIB
Mantan Menteri Perikanan dan Kelautan Susi Pudjiastuti usai deklarasi #KopiSusi, Minggu (3/7). (Foto: Istimewa)
Mantan Menteri Perikanan dan Kelautan Susi Pudjiastuti usai deklarasi #KopiSusi, Minggu (3/7). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Meski gelaran Pilpres 2024 masih dua tahun lagi, tapi makin banyak deklarasi yang mendorong capres alternatif. Salah satunya Deklarasi#KopiSusi yang mengusung sosok mantan Menteri Perikanan dan Kelautan Susi Pudjiastuti.

"Secara sistem, secara prosedural di negara ini hampir impossible, tapi semangat anda Relawan#KopiSusi luar biasa! Walaupun ada keterbatasan. Kita rakyat tidak bisa memilih dan menginginkan presiden kita karena aturan main," tegas Susi saat hadir di Deklarasi#KopiSusi, Minggu (3/7).

Dengan dukungan dari masyarakat agar dirinya maju sebagai capres alternatif, membuat Susi menjadi semangat. Meski sampai saat ini belum ada pembicaraan dengan parpol manapun.

"Bertemu dengan ketua parpol ya pernah kan mereka teman saya juga. Ketemu biasa aja, yang jelas #KopiSusi sebuah moral movemen it's not political movement ya," pesan Susi.

Baca juga : Bellingham Not For Sale!

Dia mengakui masih belajar berpolitik dan bertemu dengan banyaknya dukungan melalui relawan atau komunitas seperti #KopiSusi.

"Ingat, politik di negeri ini adalah milik parpol, bukanlah individual politisinya. Parpol yang kuat atau berkoalisilah yang bisa menentukan atau mengusung capres atau cawapres. Apalah saya hanya warga biasa," akunya sembari menebar senyuman.

Susi mengaku sangat prihatin dengan polarisasi dua kali pilpres yang hingga hari ini masyarakat masih terbelah. Ia khawatir, jika polarisasi masih terjadi, bisa berbahaya bagi persatuan dan kesatuan di masyarakat.

"Toh kita tidak menentukan apa-apa? Adanya Komunitas #KopiSusi is a moral movement, di sini realitas yang kita hadapi. Ada harapan saja sulit karena hampir tidak mungkin, tapi lihat dukungan masyarakat saya tetap semangat!" imbuh Susi.

Baca juga : Subsidi Tepat Sasaran Atasi Gejolak Harga Minyak Tinggi

Sementara itu, para relawan pada Deklarasi#KopiSusi bertekad mengawal dan menerapkan moral movemen untuk Indonesia yang telah disampaikan Susi Pudjiastuti dalam bentuk nyata.

Yakni, jangan ada polarisasi, katakan tidak pada korupsi, tenggelamkan oligarki, serta Indonesia untuk Indonesia.

"Selain itu atas nama Komunitas Pendukung Susi atau KopiSusi dengan ini mendeklarasikan Komunitas KopiSusi sebagai langkah konkret kami dalam mengenalkan sosok Ibu Susi sebagai salah satu calon alternatif pemimpin masa depan," kata Ketua Panpel Deklarasi#KopiSusi Virawaty.

Virawaty menambahkan, para relawan melihat sosok Susi sebagai salah satu pemimpin yang diinginkan masyarakat dengan segala idealismenya.

Baca juga : Putus Cinta, Pria China Kirim Tagihan Kencan Ke Mantan

"Paling tidak ada calon alternatif yang gak itu itu aja gitu ya siapa tahu didengar pihak-pihak yang sevisi dengan kami," cetusnya.

Ia mengatakan, Relawan KopiSusi adalah orang-orang yang memili tanggung jawab moral serta mengutamakan kepentingan umum sebagai perubahan untuk kebaikan Indonesia. Tidak sebatas mengutamakan kepentingan politik. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.