Dark/Light Mode

Mayasari Bakti Operasikan 30 Bus Listrik Transjakarta

Kamis, 9 Juni 2022 19:26 WIB
PT Mayasari Bakti menjadi operator Transjakarta pertama yang mengoperasikan bus 30 bus bertenaga listrik untuk melayani penumpang Transjakarta di jalur BRT. (Foto: Dede/Rm.id)
PT Mayasari Bakti menjadi operator Transjakarta pertama yang mengoperasikan bus 30 bus bertenaga listrik untuk melayani penumpang Transjakarta di jalur BRT. (Foto: Dede/Rm.id)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Mayasari Bakti menjadi operator Transjakarta pertama yang mengoperasikan bus bertenaga listrik. Kamis (9/6) sebanyak 30 unit bus ramah lingkungan untuk melayani penumpang.

Direktur PT Mayasari Bakti Ahmad Zulkifli mengatakan, pengoperasian bus listrik ini sebagai bentuk komitmen Mayasari Bakti untuk berpartisipasi membangun transportasi publik berbasis jalan. 

“Juga ikut berperan dan berkontribusi dalam pengendalian pencemaran udara," kata Zulkifli di Jakarta, Kamis (9/6).

Baca juga : Transjakarta Uji Bus Listrik Asal China

Selain itu, Zulkifli mengatakan pihaknya juga membangun stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU) di pool Cibubur, Jakarta Timur. 

“Dengan kapasitas 2.5 juta VA. Dilengkapi 10 tempat fasilitas pengisian baterai berkapasitas 200 kWh," jelasnya.

Dia berharap, dengan pengoperasian bus listrik tersebut dapat mendorong masyarakat untuk beralih ke transportasi umum yang ramah lingkungan.

Baca juga : Hari Ini, Jokowi Tinjau Industri Baterai Listrik Terintegrasi Di Batang

Zulkifli menjelaskan, 30 unit bus listrik tersebut beroperasi pada dua koridor. Pertama, koridor 1P dengan jurusan Senen – Blok M dengan jumlah bus 16 unit. Kedua, koridor 1N dengan jurusan Tanah Abang – Blok M dengan jumlah bus 11 unit. Dan sisanya berada di pool.

Zulkifli membeberkan, sampai saat ini Mayasari Bakti memiliki 419 unit bus yang tergabung dengan Transjakarta. Rinciannya 206 unit merek Scania, 56 unit di antaranya bus gandeng Berbahan Bakar Gas (BBG) dan 150 jenis maxibus yang berbahan bakar biosolar.

Kemudian, bus merek Mercy sebanyak 183 unit yang berbahan bakar biosolar. Dan kini, ditambah 30 bus listrik merek BYD K9.

Baca juga : Partai Buruh Serukan Stop Politisasi Pancasila

"Bus-bus tersebut telah beroperasi di seluruh jalur Transjakarta baik BRT maupun Non BRT," tandasnya. (DRS)

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.