Dark/Light Mode

Survei CiGMark: Ridwan Kamil Masuk 5 Besar Top Of Mind Capres Dan Cawapres

Selasa, 5 Juli 2022 23:18 WIB
Gubernur Jabar Ridwan Kamil. (Foto: Ist)
Gubernur Jabar Ridwan Kamil. (Foto: Ist)

 Sebelumnya 
Menurutnya, hasil ini positif. Sebab, selama satu tahun belakangan hanya ada tiga nama yang terus-menerus terdengar kencang, yakni Prabowo Subianto, Anies Baswedan, serta Ganjar Pranowo.

"Saya kira ini kecenderungan dukungan yang konsisten kepada Pak Ridwan Kamil. Ini menarik karena menjadi hal baru yang fresh. Kenapa? Karena semakin banyak pilihan atau opsi akan semakin baik untuk semua pihak," ujarnya.

Baca juga : Survei Litbang Sin Po: Gerindra Paling Berpeluang Dorong Capres Dari Kader Internal

Dia pun menekankan, hal itu sekaligus menegaskan adanya dukungan yang besar dari masyarakat. ”Ada konsistensi kenaikan dukungan kepada Ridwan Kamil satu sampai dua persen. Saya kira itu tinggi juga,” imbuh Philip.

Menariknya, RK merupakan tokoh yang tidak berpartai. Sehingga tidak ada pergerakan partai untuk menyokong nama RK.

Baca juga : Lepas Kepergian Sang Putera, Ridwan Kamil: Eril Pasti Bahagia Dan Tenang

"Tidak ada mesin partai yang menaikan elektabilitas dia (Ridwan Kamil) ini organik. Yang ditemukan oleh CiGMark adalah kesukaan yang genuine (terhadap Ridwan Kamil) dari masyarakat,” bebernya.

Karena itu, meski hanya mengandalkan komunikasi publik melalui media sosial dan aktivitas sehari-hari, hasil survei CiGMark mendapati adanya penguatan dukungan terhadap mantan Wali Kota Bandung tersebut. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.