Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Titah Jokowi Ke Kapolri, Kawal Pembagunan IKN, G20 Hingga Pemilu 2024

Rabu, 6 Juli 2022 08:30 WIB
Presiden Jokowi memberikan amanat pada Upacara Peringatan ke-76 Hari Bhayangkara, di Akademisi Kepolisian, di Semarang, Jateng. (Sumber: Tangkapan Layar)
Presiden Jokowi memberikan amanat pada Upacara Peringatan ke-76 Hari Bhayangkara, di Akademisi Kepolisian, di Semarang, Jateng. (Sumber: Tangkapan Layar)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi menginstruksikan jajaran Kepolisian yang dipimpin Listyo Sigit Prabowo untuk mendukung tiga agenda besar Pemerintah. 

Agenda besar pertama adalah pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) yang tidak hanya simbol sebagai identitas bangsa, tetapi juga representasi kemajuan bangsa.

“Pindah ibu kota adalah pindah cara kerja untuk membangun motor kemajuan Indonesia ke depan. Polri harus mengawal agar dapat berjalan lancar dan tepat waktu,” kata Jokowi saat memberikan amanat pada Upacara Peringatan ke-76 Hari Bhayangkara, di Akademisi Kepolisian (Akpol) di Kota Semarang, Provinsi Jawa Tengah.

Agenda kedua, adalah Presidensi G20 Indonesia yang puncaknya akan digelar di Bali pada November mendatang. “Agenda G20 yang sudah berlangsung dan harus terus dikawal. Puncaknya, KTT G20 di bulan November, di Bali, yang akan dihadiri oleh para kepala negara anggota-anggota G20,” ujarnya.

Baca juga : Waskita Menang Tender Pembangunan GIK UGM Senilai Rp 552 M

Agenda besar nasional lainnya adalah penyelenggaraan pesta demokrasi pemilihan umum  serentak pada tahun 2024 mendatang. Presiden menginstruksikan jajaran Polri untuk memberikan dukungan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) secara maksimal.

“Agenda besar demokrasi Pileg, Pilpres, dan Pilkada Serentak 2024 harus diantisipasi dengan baik. Berikan dukungan Kamtibmas secara maksimal, agar pesta demokrasi ini bisa berjalan dengan baik,” ujarnya.

Tak hanya agenda nasional tersebut, Jokowi juga mengingatkan mengenai sejumlah tantangan berat yang harus diatasi bersama. Pertama, yaitu pandemi Covid-19 yang masih perlu penanganan yang serius.

“Saya minta Polri selalu siaga dalam penanggulangan Covid-19,” kata Presiden.

Baca juga : Sudah Lapor Jokowi, Menpora Dukung PSSI Jadi Tuan Rumah Piala Asia 2023

Selain itu, Presiden juga mengingatkan untuk tetap waspada terhadap ketidakpastian global, krisis energi, krisis pangan, dan krisis keuangan. 

Ia meminta Polri untuk memastikan Kamtibmas agar bangsa Indonesia lebih kokoh dalam menghadapi tantangan-tantangan ini.

“Ketiga, kita harus semakin siap dalam menghadapi ancaman kejahatan berbasis teknologi terbaru. Oleh sebab itu, Polri harus lebih maju dibandingkan pelaku kejahatan. Polri harus terus berinovasi dan meningkatkan penguasaan teknologi,” ujarnya.

Dalam menghadapi tugas yang semakin berat, Presiden menekankan, agar jajaran Polri untuk terus bertransformasi serta adaptif dalam melaksanakan tugas.

Baca juga : Sahroni Ajak Milenial Kota Bandung Nggak Pasif Di Pemilu 2024

“Individu anggota Polri dan kelembagaan Polri harus terus berinovasi, harus semakin adaptif, responsif, dan bertransformasi menjadi institusi modern dan bersinergi dengan TNI, kementerian dan lembaga-lembaga dalam menjalankan tugasnya,” pungkasnya.■
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.